Mobil123.com
Aplikasi Mobil123.com
Prediksi Harga Kendaraan Anda
4.4
33,336

VW Boleh Laris di Dunia Tapi Takluk oleh Wuling di Indonesia

Berita Otomotif

VW Boleh Laris di Dunia Tapi Takluk oleh Wuling di Indonesia

WOLFSBURG – Meski secara global Volkswagen (VW) telah terjual sebanyak 150 juta unit, namun di Indonesia penjualannya sepanjang 2017 tidak sebanyak Wuling Motors. yang baru mulai jualan Wuling Confero S di Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2017.

Di Indonesia, Volkswagen dibekali dengan 4 model yaitu VW Golf, VW Polo, VW Touran , VW Tiguan, dan VW Toareg. Namun berdasarkan data Gaikindo dari Januari hingga Juli 2017, mereka hanya berhasil menjual sebanyak 236 unit mobil. Penjualan tersebut ditopang oleh penjualan VW Golf sebanyak 6 unit dan VW Polo sebanyak 230 unit. Model lainnya, belum ada yang terjual.

Sementara itu, Wuling Motors melalui Confero dan Confero S berhasil terjual sebanyak 624 hanya dalam waktu 10 hari di pameran GIIAS 2017. Padahal selain hanya memiliki satu model, Wuling Motors juga hanya memiliki kendaraan bertransmisi manual. Itu artinya, masyarakat tidak memiliki banyak pilihan terhadap mobil ini.

Harga yang murah tentu menjadi keunggulan tersendiri dibanding mobil-mobil Volkswagen yang memang belum memiliki pabrik di Indonesia. Maka adalah wajar bila Wuling Motor berhasil mengalahkan VW di awal kehadirannya. Pertanyaannya kini, apakah bisa mereka mempertahankan ini? Setidaknya, Volkswagen sudah membuktikan bahwa mereka berhasil bertahan di Indonesia bertahun-tahun lamanya.

Rayakan Produksi ke 150 juta

Di pabrik VW di Wolfsburg, VW merayakan produksi mereka ke 150 juta. Jumlah tersebut merupakan hasil produksi dari selurih pabrik Volkswagen di seluruh dunia.

Perayaan produksi ke 150 juta bertepatan dengan ulang tahun berdirinya Volkswagen 80 puluh tahun yang lalu. Perayaan dilakukan di pabrik Volkwagen di Wolfsburg ini juga ditandai dengan hadirnya Golf GTE yang baru selesai dirakit sebagai mobil perayaan sekalgus menjadi symbol mobil mobilitas masa depan Volkswagen.

“150 juta kendaraan, itu artinya kita telah membuat 150 mimpi konsumen di dunia menjadi nyata. Karyawan dan pekerjaan sehari-hari karyawan telah menjadi dasar dari kesuksesan ini. Saya dan seluruh Board of Management mengucapkan terimasih pada seluruh karyawan. Perayaan ini tidak akan terjadi tanpa komitmen yang mereka buat,” ungkap Dr. Herbert Diess, CEO of the Volkswagen.

Produksi pertama Volkswagen dimulai pada 27 Desember 1945. Ketika itu, Type 1 Käfer atau yang biasa dikenal sebagai Volkswagen Beetle menjadi model pertamanya. Sebagai model yang lahir setelah Perang Dunia II, mobil ini tersebut berhasil menjadi mobil andalan dalam memperkuat industri otomotif. Secara keseluruhan, model ini telah diproduksi sebanyak 21,5 juta.

Namun, VW Golf merupakan model yang paling banyak diproduksi Volkswagen. Pada tahun 2013 saja, jumlah mobil yang sudah diproduksi mencapai 25 juta. Saat ini, sekitar 34 juta mobil sudah di produksi dan dijual di seluruh dunia.

Wolfsburg menjadi pabrik yang digunakan untuk perayaan produksi ke 150 juta karena menjadi pabrik dengan produksi terbanyak. Sekitar 44 juta kendaraan sudah diproduksi di pabrik ini sejak 72 tahun yang lalu. [Adi/Ari]

 



Adi Hidayat

Adi Hidayat

Senior Reporter

Pria sederhana ini tinggal Bekasi sebagai warga taat pajak. Meski selalu menghadapi panas matahari atau hujan deras hingga kemacetan luar biasa setiap harinya demi pekerjaan, namun Ia tetap menjalaninya dengan penuh rasa syukur.


Berita Utama


Komentar

app-icon
app-icon
app-icon
Lihat Mobil Impian Anda di Aplikasi
Unduh Aplikasi Sekarang