VW Beetle 70 Tahun Lalu

Berita Otomotif

VW Beetle 70 Tahun Lalu

WOLFSBURG - Bulan ini, tak terasa model ikonik Volkswagen Beetle telah diproduksi selama 70 tahun. Mobil pertama VW Beetle keluar pabrik di setelah Natal 1945.

Awalnya, produsen Jerman itu memulai produksi massal dari Volkswagen Saloon  yang dianggap menandai era baru manufaktur kendaraan sipil setelah perang dunia.

Di saat yang tak lama, Volkswagen Tipe 1 yang kemudian dikenal sebagai Beetle juga diproduksi. Beetle sendiri dijual lebih dari 21 juta unit sejak pertama kali diproduksi hingga pabrik VW di Puebla, Meksiko menghentikan produksi Beetle pada akhir Juli 2003.

Tapi pada akhir 1945, pabrik VW di Wolfsburg sesungguhnya hanya memproduksi 55 kendaraan secara total. Dengan Beetle pula VW belajar memproduksi mobil sipil. Melakukan improvisasi, mempelajari kekurangan dan mencari penyelesaian kekurangan bahan baku yang menghambat operasional.

Namun meski masih belajar, Beetle ini adalah simbol yang menyiratkan harapan, sebuah awal baru untuk pabrikan mobil setelah ada di bawah kendali Inggris pascaperang.

Bila dihitung secara total di semua fasilitas yang ada, pada akhir Perang Dunia II pada tahun 1945, ada 630 Mobil Rakyat yang dikenal sebagai 'KdF-Wagen' telah dibangun. 

Sedikitnya produksi mobil di pabrik Wolfsburg dikarenakan terlibatnya Jerman dalam perang. Pabrik ini juga sempat diintegrasikan ke industri persenjataan perang Jerman dan memproduksi barang kebutuhan militer. 

Karena itu tak salah bila kemudian pabrik yang memiliki tenaga kerja dari 6.000 orang ini kemudian diduduki oleh pasukan AS pada tanggal 11 April 1945 dan dialihkan ke militer Inggris pada bulan Juni 1945.

Inggris-lah yang kemudian memerintahkan fasilitas ini untuk menjadi fasilitas manufaktur sipil yang fokus pada kualitas. Karena itu, akar British di pabrik ini masih ada.

Inggris pula yang mengembangkan bisnis VW, yang memerintahkan untuk fokus pada jaringan penjualan. Hasilnya, pada Oktober 1947, pabrik di Wolfsburg ini bisa melakukan ekspor pertama.

"Keterampilan dan visi di pabrik dan tenaga kerja memotivasi personel militer Inggris dan pekerja Jerman untuk mengubahnya menjadi bisnis yang digerakkan oleh pasar yang sukses," kata Dr Manfred Grieger, Kepala departemen sejarah Volkswagen AG.

Beetle, lanjutnya, merupakan faktor kunci dalam pengembangan demokrasi dan mobilitas dalam pasca-perang di Jerman, dan kemudian menemukan rumah di banyak negara lain serta sukses pula bertindak sebagai duta penting dalam mempromosikan citra positif Jerman. [Syu/Idr]

Temukan mobil idaman di Mobil123
Mari bergabung bersama kami di Facebook dan Twitter

 



Syubhan Akib

Syubhan Akib

Pria berkacamata yang mencintai dunia otomotif dan sangat suka memandang mobil klasik serta mempelajari sejarah otomotif dunia. Kemacetan adalah sahabat, kecepatan adalah kesukaan dan liburan akhir pekan adalah impian.


Berita Utama


Komentar

Support
Chat Support
Support Support
0 Support
Support
Chat Aktif0
Diarsipkan
Hapuskan chat?
Chat
Tidak ada chat yang sedang berlangsung
Mulai pencarian dan chat dengan penjual