Volkswagen Ciptakan Sepeda Listrik Pengangkut Barang

Berita Otomotif

Volkswagen Ciptakan Sepeda Listrik Pengangkut Barang

LOS ANGELES – Volkswagen (VW) menciptakan sepeda listrik untuk industri logistik.

Sepeda listrik tersebut, seperti diwartakan Carscoops pada akhir pekan ini, bernama Cargo e-Bike dan menjadi kendaraan komersial terkecil VW. Ini juga merupakan sepeda listrik pertama yang pernah dibuat oleh pabrikan otomotif asal Wolfsburg tersebut.

Debut global Cargo e-Bike terjadi dalam IAA Commercial Vehicle Show, 24 September – 1 November di Hannover. Sepeda listrik ini kemudian menjalani debutnya di Amerika Serikat melalui Los Angeles (LA) Auto Show 2018, yang dibuka untuk publik mulai 30 November – 9 Desember nanti.

VW menjelaskan bahwa Cargo e-Bike dapat menjadi opsi moda transportasi logistrik jarak pendek. Kendaraan beroda tiga ini dapat diaplikasikan di banyak sektor bisnis, contohnya adalah pengiriman barang dalam kota atau di dalam pabrik.

Cargo e-Bike memiliki panjang 2.060 mm, lebar 890 mm, serta tinggi 1.100 mm (dari tanah hingga setang). Bobotnya sendiri cuma 40 kg, belum termasuk sang pengendara.

Sumbu rodanya cukup panjang yaitu 1.350 mm. Titik pusat gravitasinya juga diklaim rendah. Kedua poin ini memperkecil kemungkinan Cargo e-Bike untuk hilang keseimbangan dan terbalik ketika berbelok.

Adapun sistem penggeraknya mengandalkan Continental 48 Volt Revolution plus transmisi otomatis. Baterainya dapat menyuplai daya sampai dengan 100 km dalam kondisi baterai terisi penuh. Pengisian baterai memerlukan waktu 4,5 jam (100 persen) atau 3 jam (80 persen).

Pada bagian tengah setang, terdapat Multi Information Display (MID) berukuran kecil. Keterangan-keterangan di dalamnya adalah kondisi tenaga baterai, kecepatan, posisi gigi transmisi, waktu perjalanan, hingga jam digital. Bannya menggunakan ukuran 20 inchi di depan serta 24 inchi di belakang.

VW akan memproduksi Cargo e-Bike di Hannover, Jerman. Belum ada keterangan resmi mengenai peluncurannya, tapi hal itu diekspektasikan terjadi pada 2019. [Xan/Ari]



Insan Akbar Krisnamusi

Insan Akbar Krisnamusi

Insan mulai menjadi jurnalis pada 2011 di Harian Umum Media Indonesia, kemudian di Suara.com (2016 - 2018), hingga akhirnya resmi bergabung ke Mobil123.com sejak Februari 2018. Ia menyelami dunia otomotif sejak 2012 dan paling tertarik dengan isu-isu industri.


Berita Utama


Komentar