VW XL Sport dengan Mesin 2-Silinder Paling Bertenaga

Mobil Baru

VW XL Sport dengan Mesin 2-Silinder Paling Bertenaga

PARIS - Di Paris Motor Show 2014, Volkswagen menampilkan mobil konsep VW XL Sport. Mobil tersebut menggunakan mesin Ducati 1199 Superleggera berkapasitas 1.2-liter V2.

Volkswagen XL Sport menggunakan platform VW XL1 yang bermesin Ducati, pula. Hanya saja XL Sport dengan mesin yang menghasilkan tenaga 200 hp pada 11.000 rpm yang disalurkan ke dua roda belakang, diklaim sebagai kendaraan 2-silinder paling bertenaga.

Dalam keterangan resmi Volkswagen, mesin itu menggantikan 0,8 liter diesel dua-silinder bertenaga 48 hp. Oleh VW, mesin kapasitas 1.2 liter V2 disematkan dengan transmisi 7-speed kopling ganda. VW mengklaim mobil ini bisa bergerak dari 0-100 km/jam dalam 5,7 detik, sebelum menyentuh kecepatan maksimal 270 km/jam.

VW XL Sport jauh lebih sporty dari VW XL1. Mobil berdaya tampung 2 penumpang ini menggunakan bahan khusus carbon-reinforced polymer (CFRP). XL Sport lebih cantik dengan LED headlight.

Jika diteliti, XL Sport lebih bongsor dari XL1. XL Sport memiliki dimensi PXLXT (3.888 mm, 1.664 mm, 1.153 mm), dan sumbu-roda 2.224. VW XL Sport dilengkapi dengan roda 18 berbahan magnesium untuk menekan bobot kendaraan.

Roda berbahan magnesium terbukti lebih ringan dari roda alumunium. Roda tersebut dibalut dengan ban 205/40 di depan dan 265/35 di belakang.

Sementara itu bagian dalamnya tidak jauh berbeda dari XL, VW hanya mempermak sedikit bagian interiornya. Sayang belum jelas kapan XL Sport mulai diproduksi. [Ikh/Idr]

Baca juga:
Review: Volkswagen Golf Mk7 2014, Mobil yang Penuh Kejutan

Tag Terkait


M Ikhsan

M Ikhsan

Pria ini sangat menyukai dunia otomotif karena sudah menjadi bagian hidupnya sejak kecil. Seperti para jurnalis otomotif lainnya, saya suka‬ pekerjaan yang mendetail dan suka dengan aktivitas outdoor yang penuh tantangan. Impian saya adalah mengoleksi supercar Italia, meski sekarang hanya bisa mengoleksi die cast. Tapi saya percaya suatu saat nanti, satu supercar akan terparkir di garasi rumah. ‎


Berita Utama


Komentar

Support
Chat Support
Support Support
0 Support
Support
Chat Aktif0
Diarsipkan
Hapuskan chat?
Chat
Tidak ada chat yang sedang berlangsung
Mulai pencarian dan chat dengan penjual