Viral, Video Mobil Terbakar Saat Isi BBM di SPBU Palu

Berita Otomotif

Viral, Video Mobil Terbakar Saat Isi BBM di SPBU Palu

JAKARTA – Video mobil yang terbakar di Palu, Sulawesi Tengah ketika sedang mengisi bensin di SPBU (Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum) Pertamina viral di internet dalam beberapa hari terakhir.

Video tersebut diunggah oleh akun Instagram @infopalu pada awal pekan ini. Ada lokasi serta waktu kejadian, menurut keterangan dari pengunggah, adalah SPBU di Jalan Diponegoro, Palu pada Jumat (11/9/2020).

Video memperlihatkan sebuah low multi purpose vehicle (LMPV) merek Toyota Avanza mengisi bahan bakar minyak (BBM). Di tengah proses pengisian, tampak percikan api dari sisi depan mobil.

Pengemudi pun langsung turun dari kursi dan keluar kendaraan. Petugas SPBU juga buru-buru melepas nozzle dari tangki BBM, menaruhnya kembali, dan menjauh.

Dalam kondisi pintu mobil di sisi pengemudi masih terbuka, si sopir dengan cepat menjauhkan mobil dari SPBU. Akan tetapi, sebelum Avanza berwarna hitam dan dengan nomor pelat DP 571 AP itu benar-benar keluar area SPBU, kap depan meletup dan mengeluarkan bara api cukup besar.

Beruntung, lokasi mobil sudah cukup jauh dari tempat dispenser BBM. Pengemudi keluar mobil dan terlihat panik.

Para petugas SPBU terlihat cepat menghampiri dengan membawa tabung-tabung pemadam kebakaran. Api dapat dipadamkan sebelum kejadian yang lebih buruk terjadi.

“Untungnya pengemudi masih bisa menjauhkan kendaraan dari tempat pengisian dan berkat kesigapan petugas SPBU memadamkan api sehingga kebakaran tidak meluas ke area SPBU. Tidak ada korban jiwa dalam kejadian ini,” tulis akun tersebut.

Belum ada informasi mengenai penyebab pasti kebakaran mobil hingga berita ini ditayangkan. Dugaan sementara, kebakaran mobil saat pengisian BBM itu terjadi akibat penggunaan gawai pintar (smartphone) saat proses pengisian bahan bakar.

Seperti diketahui, sinyal smartphone memang disebut-sebut dapat memicu percikan api yang akan menyebabkan ledakan dalam proses pengisian bensin. Oleh karena itu, para pengelola SPBU baik milik Pertamina atau yang lain memasang tanda larangan untuk membuka dan memainkan smartphone selama proses tersebut. [Xan/Ari]



Insan Akbar Krisnamusi

Insan Akbar Krisnamusi

Insan mulai menjadi jurnalis pada 2011 di Harian Umum Media Indonesia, kemudian di Suara.com (2016 - 2018), hingga akhirnya resmi bergabung ke Mobil123.com sejak Februari 2018. Ia menyelami dunia otomotif sejak 2012 dan paling tertarik dengan isu-isu industri.


Berita Utama


Komentar