Mobil Legendaris, Harga Daihatsu Taft Bekas Bisa Setara Calya dan Avanza

Berita Otomotif

Mobil Legendaris, Harga Daihatsu Taft Bekas Bisa Setara Calya dan Avanza

JAKARTA – Harga Daihatsu Taft di pasar mobil bekas cukup variatif. Unit termurah hanyalah puluhan juta, sedangkan yang termahal bisa setara--bahkan sedikit di atas--LCGC seperti Toyota Calya atau LMPV seperti Toyota Avanza.

Di Mobil123.com, situs jual-beli mobil baru maupun bekas terkemuka Indonesia, terdapat 49 iklan Taft. Bicara unit tertua, ada yang dari tahun produksi 1982. Adapun unit paling muda adalah keluaran 1997, alias sudah 23 tahun yang lalu.

Lantas, berapa harga Taft termurah? Status tersebut dimiliki oleh Taft 2.8 tahun produksi 1990 dengan harga Rp 52 juta.

Mobil berwarna hijau ini berlokasi di Kediri, Jawa Timur. Pemakaiannya mencapai 295 – 300 ribu km.

Bertansmisi manual lima percepatan, pajaknya ternyata masih berlaku cukup lama. Menurut dealer penjual di Jl. Veteran RT.01 RW.04, Desa Sekoto, Kecamatan Pare Badas Kabupaten Kediri ini, pajak kendaraan baru berakhir pada Oktober 2023.

Tidak disebutkan, apakah harga yang ditawarkan khusus untuk pembelian kredit atau juga untuk tunai. Biasanya, beda cara pembelian, beda pula harganya.

Tidak dipaparkan bagaimana gambaran kondisi kendaraan. Satu yang pasti, penjual menerima tukar-tambah.

Lalu, bagaimana dengan unit berharga paling tinggi? Status tersebut dipegang oleh Taft 2.8 tahun produksi 1995.

Dilabeli harga Rp 200 juta, kendaraannya berada di Tangerang, Banten. Tipenya, seperti dijelaskan oleh Ada Mobilindo sebagai dealer penjual, ialah GT Turbo.

Sebagai perbandingan, harga Calya per September 2020 ialah dimulai dari Rp 144,55 juta on-the-road Jakarta. Sementara, harga Avanza dimulai dari Rp 197,7 juta.

“Barang antik istimewa, kilometer 75 ribu,” tulis dealer yang berlokasi di Gading Serpong ini mengenai Taft 1995 yang mereka jual.

Dealer menerima pembelian tunai maupun kredit. Hanya saja, tidak dijelaskan berapa harga untuk pembelian tunai.

Banderolnya masih bisa dinegosiasikan. Unit didapat dari tangan pertama dan terjamin keasliannya.

“Interior rapi dan bersih. Kondisi mobil mulus dan terawat. Mobil dijamin tidak bekas tabrak dan tidak bekas banjir. Surat surat di jamin lengkap dan aman. Kaki-kaki aman. Mobil empuk ban tebal,” terangnya. [Xan/Ari]



Insan Akbar Krisnamusi

Insan Akbar Krisnamusi

Insan mulai menjadi jurnalis pada 2011 di Harian Umum Media Indonesia, kemudian di Suara.com (2016 - 2018), hingga akhirnya resmi bergabung ke Mobil123.com sejak Februari 2018. Ia menyelami dunia otomotif sejak 2012 dan paling tertarik dengan isu-isu industri.


Berita Utama


Komentar