Viral Video Angkot Isuzu Panther Tembus Banjir, Ini Kata Sang Pabrikan

Berita Otomotif

Viral Video Angkot Isuzu Panther Tembus Banjir, Ini Kata Sang Pabrikan

JAKARTA – Sebuah video mobil menembus banjir besar di jalan raya baru-baru ini viral di media sosial. Mobil tersebut adalah angkutan perkotaan (angkot) berwarna merah dengan merek Isuzu Panther.

Tidak jelas kapan serta di mana peristiwa ini terjadi, akan tetapi kemunculan dan penyebarannya terjadi di tengah-tengah musibah banjir besar di area Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, Bekasi (Jabodetabek) pada 1 Januari 2020 akibat hujan lebat sepanjang malam tahun baru.

Di dalam video terlihat angkot nekad menerabas banjir tinggi. Ketinggian air bahkan sudah menutup grille dan hampir seluruh bonnet (moncong depan) mobil.

Video itu pun viral di berbagai media sosial seperti Facebook, Instagram, serta Youtube. Warganet pun ramai berkomentar.

Akun @yogatryas di Instagram berkata ‘Panther.. Rajanya diesel..’, sementara @rahmatdatulhidayat menulis ‘mobil badak dilawan’. Ada pula yang berkomentar lebih umum bahwa ini merupakan kelebihan mobil-mobil diesel.

“Mesin diesel lebih waterproof (tahan air) dibanding mesin bensin. Tinggal jaga rpm aja dan jalan pelan, pasti aman,” tukas @ambonez25.

Lantas, apa kata Isuzu mengenai video viral Panther aman menerjang banjir?

Anjar Kisworo, Service Department Head Astra Isuzu, melalui pesan singkat pada Jumat (3/1/2020) menerangkan posisi mesin, air intake, dan lain-lain dari setiap merek bahkan tipe unit bisa berbeda-beda posisinya. Pihaknya tetap menyarankan sebaiknya dalam berkendara tetap menghindari daerah banjir.

Pasalnya, dalam banjir ada banyak faktor eksternal seperti halangan atau lubang yang tak terlihat, arus deras air, gelombang, cipratan air. Ini semua dapat menimbulkan kerusakan.

“Pada dasarnya kendaraan diesel konvensional selama selama battery (aki) dan jalur listriknya tidak korslet dan intake tidak kemasukan air, mobil akan tetap bisa berjalan dan yang terpenting tidak boleh berhenti saat melewati banjir. Untuk Isuzu Panther, posisi intake ada pada atas toda dan di fender dan posisi battery juga tinggi,” paparnya.

Sistem udara masuk yang bagus, lanjut dia, sedemikian tidak mudah menyedot air dan sistem isolasi kelistrikan juga bagus. Maka, yang terjadi, air akan sulit masuk ke fender dan ruang mesin.

“Secara teknis, air cenderung terbelah dan terdorong ke depan. Hal ini juga didukung kemampuan pengemudi,” tutupnya. [Xan/Ari]



Insan Akbar Krisnamusi

Insan Akbar Krisnamusi

Insan mulai menjadi jurnalis pada 2011 di Harian Umum Media Indonesia dan resmi bergabung ke Mobil123.com sejak Februari 2018. Ia menyelami dunia otomotif sejak 2012 dan paling tertarik dengan isu-isu industri.


Berita Utama


Komentar

Chat Aktif
Diarsipkan
Bantuan

Kami akan membantu Anda

klik tombol "Bantuan" untuk berbicara dengan Customer Care kami.
Hapuskan chat?
Chat Empty
Tidak ada chat yang sedang berlangsung
Mulai pencarian dan chat dengan penjual
Bantuan

Kami akan membantu Anda

klik tombol "Bantuan" untuk berbicara dengan Customer Care kami.
Support