Isuzu Panther Menolak Punah Meski Lama Tak Disentuh

Berita Otomotif

Isuzu Panther Menolak Punah Meski Lama Tak Disentuh

JAKARTA – Isuzu mengatakan Panther bukan menunggu untuk punah, meski modelnya sudah lama tidak diperbarui.

Panther merupakan model mobil penumpang Isuzu yang paling populer di Indonesia. Bahkan, kendaraan yang pertama kali meluncur di Tanah Air pada 1991 itu mungkin salah satu model legendaris dalam sejarah otomotif nasional.

Akan tetapi, Panther sudah belasan tahun tidak mendapatkan penyegaran model. Saking lamanya tidak diperbarui, orang-orang Isuzu Indonesia pun lupa dan saling berdiskusi tanpa jawaban yang pasti saat Mobil123.com menanyakan kapan peluncuran terakhirnya di sela-sela test drive Mu-X i-Series pada 13 – 14 November di Sukabumi, Jawa Barat.

Namun, jika menilik data penjualan wholesales (pabrik ke dealer) Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo), Panther belum punah. Selama Januari – Oktober model ini masih diproduksi di pabrik PT. Gaya Motor Sunter, Jakarta dan masih ada yang membelinya.

Penjualannya Panther MPV yang terdiri dari tipe LM, LV, LS, dan Grand Touring MT mencapai 539 unit. Sementara itu, Panther Pick Up berbekal tiga varian berhasil terjual 415 unit.

“Isuzu Panther bukan menunggu nasib punah,” kata Attias Asril, General Manager Marketing PT. Isuzu Astra Motor Indonesia (IAMI), di sela-sela test drive Mu-X i-Series.

Menurut dia, IAMI sebagai agen pemegang merek Isuzu di Indonesia maupun prinsipal mereka di Jepang saat ini berkonsentrasi pada pengembangan kendaraan komersial. Kendaraan-kendaraan di segmen ini menjadi kompetensi utama Isuzu, berdasarkan kebijakan terkini.

Akan tetapi, lanjut dia, IAMI tidak menutup kemungkinan pada suatu saat pengembangan MPV seperti Panther akan kembali dilakukan. Sayang, Attias tidak bisa memberi gambaran lebih rinci kapan kira-kira hal itu bisa terjadi.

“Pada saat ini kami masih terkendala dengan pengembangan mesin yang sesuai dengan peraturan EURO – 4 yang akan diimplementasikan di tahun 2021. Untuk pengembangan mesin bukanlah investasi murah,” tandasnya menjelaskan alasan kedua.

Pada 2017, IAMI sempat membeberkan bahwa Isuzu sempat melakukan riset dan pengembangan untuk memperbarui Panther. Akan tetapi, rencana tersebut kandas di tengah jalan karena keputusan prinsipal untuk lebih fokus pada mobil komersial.

Saat ini Isuzu hanya punya dua model yang bisa dikategorikan kendaraan penumpang. Selain Mu-X, ada double cabin D-Max. [Xan/Ari]



Insan Akbar Krisnamusi

Insan Akbar Krisnamusi

Insan mulai menjadi jurnalis pada 2011 di Harian Umum Media Indonesia dan resmi bergabung ke Mobil123.com sejak Februari 2018. Ia menyelami dunia otomotif sejak 2012 dan paling tertarik dengan isu-isu industri.


Berita Utama


Komentar

Chat Aktif
Diarsipkan
Bantuan

Kami akan membantu Anda

klik tombol "Bantuan" untuk berbicara dengan Customer Care kami.
Hapuskan chat?
Chat Empty
Tidak ada chat yang sedang berlangsung
Mulai pencarian dan chat dengan penjual
Bantuan

Kami akan membantu Anda

klik tombol "Bantuan" untuk berbicara dengan Customer Care kami.
Support