Mobil123.com
Aplikasi Mobil123.com
Prediksi Harga Kendaraan Anda
4.4
33,336

Usia Baterai Ertiga Hybrid 5-10 Tahun, Ini Cara Suzuki Olah Limbahnya

Berita Otomotif

Usia Baterai Ertiga Hybrid 5-10 Tahun, Ini Cara Suzuki Olah Limbahnya

TANGERANG – Usia baterai lithium-ion Suzuki Ertiga hybrid diklaim bisa hingga 10 tahun. Sebagai limbah berbahaya, komponen ini mesti diserahkan ke bengkel resmi Suzuki jika rusak.

Meluncur 10 Juni 2022, Ertiga hybrid menjadi model hybrid termurah di Indonesia. Harga on the road (OTR) Jakarta mobil berteknologi mild hybrid tersebut masih di bawah Rp300 juta, tepatnya Rp270,3-292,3 juta.

Section Head 4W Technical Service PT. Suzuki Indomobil Sales (SIS) Adhi Prasojo, di sela-sela Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2022, mengingatkan baterai lithium-ion merupakan limbah B3 (Bahan Berbahaya dan Beracun).

Oleh karena itu, Suzuki sudah memikirkan dan menyiapkan pengolahan baterai bekas Ertiga hybrid sebelum peluncurannya, sesuai dengan regulasi-regulasi pemerintah semisal Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 22 Tahun 2021 maupun Peraturan Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Nomor 12 Tahun 2021.

Adhi pun menegaskan semua baterai lithium-ion Ertiga hybrid bekas, baik yang diganti karena rusak atau pun habis usia pakai, harus diberikan kepada diler resmi. Dari situ, mereka akan mengirimkannya ke Jakarta.

“Kami sudah bekerja sama dengan pihak ketiga yang sudah memiliki sertifikasi dari pemerintah mampu membawa, mengolah, dan memanfaatkannya,” ucapnya di sela-sela pameran yang berlangsung pada 11-21 Agustus 2022 di Serpong, Tangerang itu.

Pihak ketiga yang tak disebutkan namanya tersebut, lanjut Adhi, diseleksi lewat proses sangat ketat. Suzuki melihat sertifikasi dari pemerintah hingga melakukan survei lokasi pengolahan limbah.

“Kami cukup terkejut karena pihak ketiga kami sudah punya izin sampai ke pemanfaatan limbah nuklir,” lontarnya.

Adhi lalu menjelaskan kalau usia baterai lithium-ion Suzuki, menurut data internal, bisa mencapai satu dekade. Lalu, jenama asal Jepang itu juga memberikan garansi baterai lithium-ion Ertiga hybrid dua tahun lebih lama daripada garansi kendaraan.

“Life time (usia pakai) baterai lithium-ion kami 5-10 tahun dan berdasarkan rekam jejak secara global, sangat kecil sekali potensi mengalami kerusakan. Konsumen tidak perlu khawatir dengan jaminan kualitas baterai lithium-ion kami. Kami beri garansi lima tahun atau 100 ribu km,” kata dia.

Selama masa garansi itu, Adhi menerangkan penggantian baterai lithium-ion Ertiga hybrid yang berkapasitas 6A 12V tersebut diberikan secara cuma-cuma. Adapun harga, jika mesti membayar, mencapai Rp15 juta. [Xan/Ses]

>>>>> Klik link ini untuk melihat harga mobil baru <<<<<



Berita Utama


Komentar

app-icon
app-icon
app-icon
Lihat Mobil Impian Anda di Aplikasi
Unduh Aplikasi Sekarang