Konsumsi BBM Rata-rata Suzuki Ertiga Hybrid Bisa kayak LCGC

Berita Otomotif

Konsumsi BBM Rata-rata Suzuki Ertiga Hybrid Bisa kayak LCGC

JAKARTA – Konsumsi bahan bakar minyak (BBM) Suzuki Ertiga hybrid dari hasil tes mengingatkan pada mobil-mobil low cost green car (LCGC).

Efisiensi BBM Ertiga hybrid rata-rata mencapai 22,11 km per liter untuk transmisi manual serta 19,66 km per liter bagi transmisi otomatis. Ini merupakan hasil uji efisiensi dengan metode full to full dalam Media Test Drive pada 20-24 Juni 2022 kemarin di Jawa Timur.

Sekadar mengingatkan, Ertiga hybrid mengaspal di Tanah Air pada 10 Juni 2022 dan menjadi kendaraan pertama di segmen low multi purpose vehicle (LMPV) yang bermesin hybrid.

Model tersebut saat ini juga menyandang status sebagai mobil hybrid termurah di Indonesia. Harga on the road (OTR) Jakartanya hanya Rp270,3-292,3 juta selama periode peluncuran yang berlangsung hingga Agustus.

Lebih lanjut, rute uji efisiensi Ertiga hybrid ialah perpaduan antara perkotaan yang padat dengan area pegunungan yang naik-turun, dengan jarak tempuh sekitar 140 km dari Batu menuju Surabaya. Tiap mobil diisi oleh tiga orang dengan AC aktif serta BBM RON 98.

“Malang dan Surabaya memang merupakan tempat yang cocok untuk menguji kinerja Ertiga Hybrid karena rute ini memiliki berbagai kondisi yang menantang, seperti jalan yang naik-turun dan ruas jalan yang macet,” kata Marketing Director PT. Suzuki Indomobil Sales (SIS) Donny Saputra dalam keterangan resmi pada Selasa (5/7/2022).

“Kami harap hasil uji efisiensi bahan bakar Ertiga Hybrid ini dapat memberikan informasi yang realistis dan kredibel kepada masyarakat yang sedang mencari kendaraan yang irit bahan bakar dan ramah lingkungan,” lanjutnya.

Konsumsi BBM sekitar 20 km per liter atau lebih, yang didapat oleh Ertiga hybrid, menyetarakannya dengan model-model LCGC. Pasalnya, setiap kendaraan di segmen LCGC memang mesti seirit itu agar bisa mendapatkan keringanan Pajak Penjualan Barang Mewah (PPnBM) dari pemerintah.

Satu hal yang patut diingat, konsumsi BBM dari setiap mobil juga tergantung dari beragam faktor. Salah satu yang cukup penting adalah cara mengemudi dari orang di balik setir.

Ertiga hybrid sendiri mengandalkan teknologi mild hybrid yang dijuluki SHVS (Smart Vehicle Hybrid by Suzuki). Kinerjanya mengandalkan tiga komponen utama yaitu baterai lithium-ion berkapasitas mungil, Integrated Starter Generator (ISG), serta mesin bensin konvensional 1.5-liter berkode K15B.

Salah satu tulang punggung penjualan Suzuki di Indonesia ini pun sekarang sudah memiliki lebih banyak fitur modern.

Fitur-fitur baru Ertiga hybrid ialah Idle Stop System, Cruise Control, Hill Hold Control, Gear Shift Indicator pada transmisi AT, Projector Headlamp Autolight with Guide Me Home, Smart Key with Auto Retractable Outside Mirror. [Xan/Ses]

>>>>> Klik link ini untuk melihat harga mobil baru <<<<<



Insan Akbar Krisnamusi

Insan Akbar Krisnamusi

Insan mulai menjadi jurnalis pada 2011 di Harian Umum Media Indonesia, kemudian di Suara.com (2016 - 2018), hingga akhirnya resmi bergabung ke Mobil123.com sejak Februari 2018. Ia menyelami dunia otomotif sejak 2012 dan paling tertarik dengan isu-isu industri.


Berita Utama


Komentar