Uniknya Kendaraan Impian Imajinasi Anak-anak, Ada Mobil Pengusir Mimpi Buruk

Berita Otomotif

Uniknya Kendaraan Impian Imajinasi Anak-anak, Ada Mobil Pengusir Mimpi Buruk

TANGERANG – Anak-anak punya imajinasi yang masih bebas, murni, dan terkadang ‘liar’. Termasuk soal mobil impian mereka.

Hal ini terlihat dalam Toyota Dream Car Art Contest (TDCAC) 2022. Dalam kompetisi yang berlangsung sejak 2004 ini, ribuan bocah menuangkan khayalan mereka soal mobil impian di masa depan.

“Lebih dari 2.000 karya yang diterima panitia berasal dari 20 provinsi di Indonesia,” kata Vice President Director PT. Toyota Astra Motor (TAM) Henry Tanoto dalam pengumuman pemenang di sela-sela Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2022, Rabu (17/8/2022) di Serpong, Tangerang.

Ia menyebut berbagai karya anak-anak dalam TDCAC edisi ke-15 sangat menginspirasi, dengan kualitas gambar yang meningkat dibanding tahun-tahun sebelumnya. Bahkan, berbagai isu sosial, lingkungan, kesehatan juga mengilhami mobil-mobil impian mereka.

“Mempunyai empati terhadap kondisi sosial, harapan akan perubahan lingkungan, dan dunia yang lebih baik,” tegas Henry.

Salah satu contohnya adalah Mobil Eceng Gondok karya Afnan Nur Dzaky asal Semarang, Jawa Tengah yang menjadi Juara 3 Kategori 8-11 Tahun. Mobil ini terinspirasi dari isu eceng gondok yang berdampak pada kualitas air serta pemanasan global.

Dalam khayalannya, material mobil masa depan Toyota terbuat dari eceng gondok, sehingga meningkatkan kualitas air plus memperbaiki iklim. Mobil Eceng Gondok akhirnya terpilih pula sebagai yang terbaik di kategori khusus Best Indonesian Theme.

Lainnya ialah Shining Car karya Tasya Sabrina Ghassani asal Jakarta, Juara 2 Kategori 8-11 Tahun. Inspirasinya datang dari masalah kesehatan mata (ablasio retina) yang dialami Ayahnya hingga harus menjalani 10 kali operasi mata.

Shining Car bisa ‘memberikan’ mata manusia cahaya-cahaya dari obyek di sekitarnya. Gambarnya pun mendapatkan tambahan penghargaan untuk kategori khusus Best Inspirational Award.

Contoh terakhir ialah Nightmare Eraser Car (Mobil Penghilang Mimpi Buruk) karya Azca Gibran asal Depok, Jawa Barat yang menjadi Juara 1 Kategori Di Bawah 8 Tahun. Mobil tersebut dapat menghilangkan mimpi-mimpi tak indah dari tidur sang pemilik beserta keluarganya.

Daftar Pemenang TDCAC 2022

Berikut daftar lengkap pemenang TDCAC 2022:

Kategori 1 (Di Bawah 8 Tahun)

  • Juara 1 Azca Gibran asal Depok, Jawa Barat (Nightmare Eraser Car)
  • Juara 2 Maria Dzikra K.A.F asal Denpasar – Bali (Cat Lover Car)
  • Juara 3 Anisa Rizki Ramadhani asal Palembang, Sumatera Selatan (Jelly Car)

Kategori 2 (Usia 8—11 Tahun)

  • Juara 1 Nadine Elaria Kedna asal Bandung, Jawa Barat (Animal Puzzle Car)
  • Juara 2 Tasya Sabrina Ghassani asal DKI Jakarta (Shining Car)
  • Juara 3 Afnan Nur Dzaky asal Semarang, Jawa Tengah (Mobil Eceng Gondok)

Kategori 3 (Usia 12—15 Tahun)

  • Juara 1 Melia Zalfa Nabila Azzahra asal Tasikmalaya, Jawa Barat (Flying Backpack Car to Save the World Heritage)
  • Juara 2 Callista Locytahayu Kristanto asal DKI Jakarta (Toyota Sewing Machine Car)
  • Juara 3 Kristiana Bondan W Galih asal Tangerang, Banten (Multipurpose Cendrawasih Car)

Best Indonesian Theme

  • Afnan Nur Dzaky asal Semarang, Jawa Tengah (Mobil Eceng Gondok)

Best Inspirational Award

  • Tasya Sabrina Ghassani asal DKI Jakarta (Shining Car)

Marketing Director TAM Anton Jimmi Suwandy menjelaskan TDCAC merupakan bagian dari program global Toyota untuk menghubungkan dunia otomotif plus merek Toyota dengan anak-anak.

“Kami juga ingin mendapatkan masukan imajinasi dan inspirasi karena mereka lebih ‘murni’ dan pemikirannya out of the box (di luar kotak), sekaligus berkontribusi pada dunia pendidikan,” tutup Anton. [Xan/Ses]

>>>>> Klik link ini untuk melihat harga mobil baru <<<<<



Insan Akbar Krisnamusi

Insan Akbar Krisnamusi

Insan mulai menjadi jurnalis pada 2011 di Harian Umum Media Indonesia, kemudian di Suara.com (2016 - 2018), hingga akhirnya resmi bergabung ke Mobil123.com sejak Februari 2018. Ia menyelami dunia otomotif sejak 2012 dan paling tertarik dengan isu-isu industri.


Berita Utama


Komentar