Mobil123.com
Aplikasi Mobil123.com
Prediksi Harga Kendaraan Anda
4.4
33,336

UD Trucks Luncurkan Quester Euro5, Simak Keistimewaannya

Berita Otomotif

UD Trucks Luncurkan Quester Euro5, Simak Keistimewaannya

JAKARTA – PT UD Astra Motor Indonesia (UD AMI) resmi meluncurkan Quester Euro5. Truk satu ini mengusung sejumlah keistimewaan, salah satunya telah menggunakan teknologi Selective Catalytic Reduction (SCR) dengan larutan urea (AdBlue)

Direktur Marketing dan Aftersales Service UD AMI Chrisnoadhi mengatakan teknologi SCR sudah diperkenalkan UD Truck sejak 2004. Teknologi ini dapat mereduksi gas buang tanpa menggangu mesin utamanya. 

SCR mampu melindungi mesin tetap awet sepanjaang waktu, lebih hemat bahan bakar dan aman, walaupun menggunakan bahan bakar dengan kandungan sulfur tinggi.

"Saat ini, sistem inilah (SCR) yang populer dan banyak dipakai di Jepang, Amerika, dan Eropa, karena diangap paling cocok, mudah, dan murah dioperasikan," ucap Chrisnoadhi saat peluncuran UD Trucks Quester Euro5 secara virtual, Kamis (24/3/2022).

Saat ini industri otomotif Indonesia sedang mengalami perubahan standar emisi khusunya bagi kendaraan bermesin diesel yang akan diimplementasikan pada 7 April 2022.

“Dalam mendukung program pemerintah tersebut, kami menghadirkan teknologi yang efisien untuk bisnis transportasi, ramah lingkungan, dan bermanfaat bagi seluruh masyarakat dalam menuju Indonesia Hijau," tutur Chrisnoadhi.

Menurunkan NOx

Saat ini produsen kendaraan berupaya untuk mengurangi kadar Nitrogen Oksida (NOx) sesuai peraturan pemerintah yang berlaku dengan beberapa cara. 

Ada dua cara yang digunakan untuk menurunkan NOx. Pertama menurunkan NOx gas buang yang keluar dari mesin dengan cara menyemprotkan cairan urea (AdBlue) ke gas buang di sebuah sistem yang terpisah dari mesin utamanya sebelum dibuang ke atmosfer. Sistem ini dikenal dengan Selective Catalytic Reduction (SCR). 

Kedua dengan memasukkan kembali gas buang ke dalam mesin agar temperatur ruang bakar menurun yang selanjutnya akan menurunkan kadar NOx. Sistem ini dikenal dengan istilah Exhaust Gas Recirculation (EGR).

Konsumsi AdBlue sekira 3-5 persen dari pemakaian Solar, yang mana pengisian AdBlue sekali setara dengan 4 kali pengisian solar full dengan perhitungan bahwa kapasitas tangki bahan bakar Quester adalah 315 liter. Sementara tangki AdBlue berisi 50 liter; dan jika asumsi 1 liter solar untuk 3 km, maka 1 liter AdBlue bisa untuk menempuh 75 km. 

Selain itu Quester Euro5, juga dilengkapi dengan jerigen cadangan AdBlue berisi 10 liter atau cukup untuk 750 km sehingga tidak merepotkan pengemudi, aman dan lebih efisien.

Sistem SCR yang terpisah dari mesin utamanya seperti pada Quester Euro5 ini, tidak sensitif terhadap solar bersulfur tinggi sehingga dapat menggunakan Biodiesel B30 seperti yang beredar saat ini dan sangat aman serta sesuai untuk diimplementasikan di Indonesia.

Fitur Quester Euro5

Produk Quester Euro 5 ini tersedia dengan kapasitas tenaga mesin yang lebih besar dan efisien sampai dengan 410 hp dengan torsi 1.990 Nm serta dilengkapi dengan beberapa fitur terbaru.

Seperti fitur panel instrumen terbaru yang memudahkan pengemudi untuk membaca informasi dan data, fitur sistem panduan penting untuk pengemudi dan mudah diakses.

Roda kemudi dengan desain baru yang ditingkatkan untuk memungkinkan pengendaraan yang lebih mudah dan lebih stabil, chrome grill yang memperkuat tampilan hexagon Quester, serta tersedia warna kabin terbaru Luxury Blue metallic.

Selain itu, dukungan purna jual yang reliable dan responsive dari distributor, seperti UD Trust, UD Ultimate, UD Telematics, yang didukung dengan Mobile Workshop dan seluruh jaringan bengkelnya, membantu efisiensi biaya operasional pelanggan UD Trucks seoptimal mungkin. [Tih]

>>>>> Klik link ini untuk melihat harga mobil baru <<<<<



Berita Utama


Komentar

app-icon
app-icon
app-icon
Lihat Mobil Impian Anda di Aplikasi
Unduh Aplikasi Sekarang