Mobil123.com
Aplikasi Mobil123.com
Prediksi Harga Kendaraan Anda
4.4
33,336

Toyota Yaris Crossover Dilaporkan Bakal Meluncur

Berita Otomotif

Toyota Yaris Crossover Dilaporkan Bakal Meluncur

LONDON – Toyota akan mempunyai satu sport utility vehicle (SUV) baru yang dibuat dengan basis sama dengan Yaris generasi terbaru yang meluncur di Tokyo Motor Show 2019.

Yaris crossover, menurut informasi eksklusif yang didapat Auto Express, bakal menjadi senjata Toyota masuk ke segmen B-SUV di Eropa. Model tersebut diekspektasikan meluncur pada semester kedua 2020, tapi baru dijual di dealer-dealer Inggris setidaknya 18 bulan dari sekarang yang artinya awal 2021.

Tidak disebutkan apakah pasar di luar Eropa bakal pula menjualnya. Tapi, jangan terlalu berharap karena eksekutif PT. Toyota Astra Motor (TAM) pernah mengatakan bahwa di pasar global Toyota punya tiga versi Yaris yang berbeda yaitu untuk Eropa, Amerika Serikat dan Asia (selain Jepang).

Lebih lanjut, Mobil yang nantinya diposisikan di bawah Toyota C-HR ini bakal menggunakan pula platform TNGA-B dan menggunakan Macpherson struts untuk suspensi depan plus torsion beam di belakang. Secara dimensi, kendaraan tersebut memiliki panjang sekitar 4 meter atau hanya lebih beberapa milimeter dari Yaris.

Namun, secara tinggi, selisihnya cukup berbeda. Yaris crossover lebih tinggi 40 mm.

Di dalamnya, tambah laporan Auto Express, Yaris crossover kelak mendapatkan sistem infotainment yang sama dengan tipe-tipe teratas dari versi hatchback. Di antaranya adalah Head-Up Display 10-inchi plus layar sentuh besar di dasbor yang kompatibel dengan Apple CarPlay atau pun Android Auto.

Asumsi-asumsi mengenai spesifikasi mesin juga dibahas. Melihat jenis platformnya (TNGA-B), bisa jadi Yaris crossover akan mempunyai varian hybrid yang memadukan mesin bensin 1.5-liter dengan baterai lithium-ion serta motor penggerak listrik karena All-New Yaris pun mempunyai pilihan itu.

Adapun tipe mesin konvensionalnya kemungkinan besar menggunakan yang berkapasitas 1.5-liter. Mesin bensin 1.0-liter yang ada di varian entry-level Yaris sepertinya tidak akan terlihat mengingat Yaris crossover bakal berharga lebih mahal dari si hatchback. [Xan/Ari]



Berita Utama


Komentar

app-icon
app-icon
app-icon
Lihat Mobil Impian Anda di Aplikasi
Unduh Aplikasi Sekarang