Toyota Rancang Kota Masa Depan Bertenaga Hidrogen di Kaki Gunung Fuji

Berita Otomotif

Toyota Rancang Kota Masa Depan Bertenaga Hidrogen di Kaki Gunung Fuji

LAS VEGAS – Toyota mengungkapkan rencana yang cukup mencengangkan, ingin merancang prototipe kota masa depan di negara asal mereka di Jepang.

Ajang Consumer Electronis Show (CES) 2020 di Las Vegas, Amerika Serikat, yang berlangsung pada 7 – 10 Januari menjadi tempat Toyota mengumumkannya. Kota seluas 175 acres atau 71 hektare itu sendiri bakal terletak di bawah Gunung Fuji.

“Anda mungkin berpikir ‘apakah orang ini sudah gila? Apakah ia adalah Willy Wonka versi Jepang? Mungkin saja,” kata Akio Toyoda, Chief Executive Toyota Motor Corporation di dalam pameran, seperti dikutip dari Reuters.

Toyota kelak menjadikannya sebagai lokasi ‘rumah-rumah pintar’, laboratorium riset dan pengembangan mobil otonom, kecerdasan artifisial, plus beragam teknologi canggih lain yang tidak mereka sebutkan. Produsen mobil terbesar dunia ini bakal menamakannya ‘Kota Tenun’ (Woven City), untuk memperingati asal-usul mereka sebagai pembuat alat tenun di awal berdiri.

Kota pintar rancangan Toyota akan dimatangkan selama setahun, dengan konstruksi dijadwalkan mulai tahun depan. Letaknya tak jauh dari pabrik perakitan mobil yang segera ditutup pada akhir 2020.

Mereka ini berambisi menciptakan kota yang lebih aman, lebih bersih, lebih menyenangkan, dan bisa menjadi pelajaran yang bisa diaplikasikan di seluruh dunia. Di sana nantinya adalah kantor polisi, kantor pemadam kebakaran, layanan ambulan, sekolah, serta perumahan yang juga diperuntukkan bagi para karyawan serta pensiunan Toyota.

Sebagai awal, bakal dibangun 2.000 rumah dalam beberapa tahun ke depan. Di antara rumah itu ada yang disediakan untuk para peneliti Toyota.

Sayang, biaya yang mereka siapkan untuk proyek luar biasa ini tidak diungkap ke publik. Mereka hanya menyebut bahwa nominalnya ‘terus diperhatikan secara amat teliti’ dan bahwa ‘mereka memiliki anggaran yang diperlukan’.

Mungkin tidak banyak yang tahu bahwa sebelum melangkah ke megaproyek ini, Toyota sudah memulai dengan langkah kecil lebih dari 3 dekade silam. Mereka mempunyai Toyota Housing, unit usaha dari TMC yang sudah menjual lebih dari 100 ribu rumah di Jepang selama 37 tahun terakhir.

Toyota menyatakan amat terbuka dengan kerja sama maupun kolaborasi dengan perusahaan lain. Mereka sejauh ini sudah menggandeng arsitek kenamaan Denmark Bjarke Ingels yang dahulu ikut mendesain dua bangunan World Trade Center di New York maupun kantor Google di Silicon Valley serta London. [Xan/Ari]



Insan Akbar Krisnamusi

Insan Akbar Krisnamusi

Insan mulai menjadi jurnalis pada 2011 di Harian Umum Media Indonesia, kemudian di Suara.com (2016 - 2018), hingga akhirnya resmi bergabung ke Mobil123.com sejak Februari 2018. Ia menyelami dunia otomotif sejak 2012 dan paling tertarik dengan isu-isu industri.


Berita Utama


Komentar