Yaris Cross Tunggu Waktu, All-new Toyota Yaris Mulai Dirakit

Berita Otomotif

Yaris Cross Tunggu Waktu, All-new Toyota Yaris Mulai Dirakit

Valenciennes – Pekan ini pabrik Toyota di Valenciennes, Prancis, mulai produksi all-new Toyota Yaris. Pabrik ini pun akan merakit Toyota Yaris Cross.

Toyota Yaris Cross dan generasi keempat Toyota Yaris menganut platform yang sama Toyota New Global Architecture (TNGA) GA-B. Toyota Motor Manufacturing France (TMMF) sendiri akan memproduksi Toyota Yaris Cross pada 2021.

Generasi keempat Toyota Yaris sendiri merupakan model pertama Toyota yang menggunakan TNGA GA-B, yang memberikan fondasi untuk peningkatan kinerja dinamis, peningkatan pengendaraan, handling dan keselamatan, serta desain yang menarik. Sebagai informasi tambahan Yaris merupakan mobil terlaris Toyota di Eropa.

Membahas Yaris Cross memang menarik karena model ini berupa SUV kecil (B-SUV). Sebelumnya Yaris hatchback berbagi konstruksi dengan sedan yang disebut Vios.

yaris cross

Yaris Cross akan menampilkan teknologi hybrid generasi keempat yang canggih. All-new Yaris generasi keempat dan Yaris Cross menjadi 2 model pertama Toyota yang mencomot sistem hybrid dengan mesin 1.500 cc.

Sistem tersebut dikembangkan dari mesin-mesin yang lebih besar 2.000 cc dan 2.500 cc yang bisa ditemukan di Toyota Corolla, Toyota C-HR, Toyota RAV4 dan Toyota Camry. Mesin bensin Atkinson-cycle 1,5-liter, tiga-silinder, direkayasa secara presisi untuk mengurangi gesekan dan kehilangan mekanis dan mengoptimalkan kecepatan pembakaran. Hasilnya adalah torsi tinggi pada kecepatan mesin rendah dan efisiensi bahan bakar yang luar biasa. Efisiensi termal mesin pada 40%, yang lebih besar dari mesin diesel sebanding dan memastikan penghematan bahan bakar kuat dan emisi CO2 rendah.

Sistem hybrid baru memiliki output maksimum 116 DIN hp. Dalam hal efisiensi emisi CO2, model penggerak roda-depan dimulai dari di bawah 90 gr/km dan versi AWD-i dari di bawah 100 gr/km.

Yaris Cross memiliki wheelbase 2.560 mm yang sama dengan Yaris hatchback generasi keempat, tetapi secara keseluruhan lebih panjang 240 mm, dengan 60 mm ditambahkan ke overhang depan dan 180 mm ke overhang belakang, mengamankan lebih banyak ruang interior. Ground clearance 30 mm lebih tinggi dan kendaraan secara keseluruhan lebih tinggi dan lebih lebar - masing-masing 90 dan 20 mm.

Dimensi Yaris Cross:

  • Panjang 4.180 mm
  • Lebar 1.765 mm
  • Tinggi 1.560 mm
  • Wheelbase 2.560 mm.

Karena model ini merupakan SUV jadi kepraktisan dan keserbagunaan merupakan salah satu sajian utamanya. Toyota melengkapinya dengan power back door (pintu belakang listrik) untuk saat dua tangan Anda penuh dengan barang-barang bawaan. Dan ketinggian dek yang dapat disesuaikan untuk memberikan fleksibilitas kompartemen lantai bawah yang aman atau ruang bagasi ditingkatkan untuk beban yang lebih besar. Selain itu, papan dek itu sendiri dapat dibagi menjadi dua, memberi pelanggan peningkatan ruang dan area penyimpanan di bawah lantai. Bagasi juga dilengkapi dengan sistem sabuk fleksibel baru untuk mengamankan barang-barang dan menghentikannya saat mengemudi.

fitur yaris cross

Yaris Cross sama luasnya dengan kepraktisannya. Dengan semua kursi dan penutup tonneau di tempat itu memberikan volume bagasi yang besar. Namun, jika diperlukan kapasitas muat yang lebih banyak, maka ada sistem kursi belakang 40.20:40 yang dapat dilipat untuk menyeimbangkan ruang penumpang belakang dengan kebutuhan kargo.

Mobil yang dipersenjatai dengan Toyota Safety Sense ini diharapkan dapat diproduksi sebanyak 150.000 per tahun di pabrik TMMF Onnaing, dekat Valenciennes di France, dan meraih pangsa pasar B-SUV lebih dari 8%.

Apakah Yaris Cross akan dijual di Indonesia? Yuk kita tunggu. [Idr]

  



Indra Prabowo

Indra Prabowo

Senang menulis mobil dan sepedamotor dari sisi kendaraan itu sendiri hingga perkembangan teknologi. Dia sendiri paling menyukai jika disodorkan SUV untuk dibawa ke mana dia suka, tentu saja medan offroad.


Berita Utama


Komentar