Toyota: SPK Mobil di Jakarta Sempat Turun Usai Banjir

Berita Otomotif

Toyota: SPK Mobil di Jakarta Sempat Turun Usai Banjir

JAKARTA – Surat Pemesanan Kendaraan (SPK) untuk mobil baru sempat turun di Jakarta dan sekitarnya usai banjir pada awal Januari 2020, menurut eksekutif Toyota. Tapi, menurut mereka, masih terlalu cepat menyimpulkan seberapa dalam efek banjir terhadap jual-beli roda empat.

Seperti diketahui, hari pertama 2020 langsung diwarnai musibah berupa banjir besar di sebagian area Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, Bekasi (Jabodetabek). Adapun penyebabnya ialah hujan paling lebat sepanjang data 24 tahun terakhir milik Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika.

“Di awal bulan ada penurunan SPK khususnya Jakarta,” ucap Anton Jimmi Suwandy, Direktur Pemasaran PT. Toyota Astra Motor (TAM), beberapa waktu lalu menjawab pertanyaan Mobil123.com via pesan singkat mengenai dampak banjir terhadap pasar.

Meski demikian, lanjut dia, wilayah lain terpantau masih baik. Anton pun merasa belum bisa menyimpulkan banjir kemarin akan membuat penjualan mobil baru di Januari 2020 lebih rendah atau tidak daripada Januari 2019 yang volumenya menurut data wholesales Gaikindo mencapai 81.218 unit.

“Kami masih monitor. Masih pertengahan bulan, ya, jadi belum bisa disimpulkan,” tukas dia lagi.

Di sisi lain, Amelia Tjandra selaku Direktur Pemasaran PT. Astra Daihatsu Motor (ADM), mengatakan bahwa secara tren penjualan mobil pada Januari memang selalu turun dibandingkan bulan terakhir tahun sebelumnya. Ini karena para pelaku usaha dan konsumen sudah ‘habis-habisan di Desember.

“Mau banjir tak banjir, ya, turun. Enggak akan terlalu pengaruh ke penjualan mobil sampai akhir tahun nanti,” tandasnya pada konferensi pers awal tahun beberapa waktu lalu di Sunter, Jakarta.

Banjir Jabodetabek di pembuka tahun bershio tikus logam itu sendiri menyisakan beragam cerita, mulai dari yang sedih hingga unik. Di antaranya adalah video viral angkutan kota (angkot) bermerek Isuzu Panther yang berhasil menerabas banjir tinggi. [Xan/Ari]



Insan Akbar Krisnamusi

Insan Akbar Krisnamusi

Insan mulai menjadi jurnalis pada 2011 di Harian Umum Media Indonesia dan resmi bergabung ke Mobil123.com sejak Februari 2018. Ia menyelami dunia otomotif sejak 2012 dan paling tertarik dengan isu-isu industri.


Berita Utama


Komentar

Chat Aktif
Diarsipkan
Bantuan

Kami akan membantu Anda

klik tombol "Bantuan" untuk berbicara dengan Customer Care kami.
Hapuskan chat?
Chat Empty
Tidak ada chat yang sedang berlangsung
Mulai pencarian dan chat dengan penjual
Bantuan

Kami akan membantu Anda

klik tombol "Bantuan" untuk berbicara dengan Customer Care kami.
Support