Hampir 500 Mobil Daihatsu Masuk Bengkel Karena Banjir, Xenia Terbanyak

Berita Otomotif

Hampir 500 Mobil Daihatsu Masuk Bengkel Karena Banjir, Xenia Terbanyak

JAKARTA – Hampir 500 mobil Daihatsu telah masuk ke bengkel resmi untuk mendapat perbaikan pascabanjir. Xenia menjadi model yang paling banyak masuk.

Hendrayadi Lastiyoso, Marketing and CR Division Head PT. Astra International – Daihatsu Sales Operation, mengatakan bahwa pihaknya menyiagakan bengkel-bengkel resmi di area DKI Jakarta I dan DKI Jakarta II usai banjir besar melanda Ibu Kota dan sekitarnya pada 1 Januari 2020. Sudah ada 465 unit Daihatsu yang masuk bengkel.

“Di data kami sampai 8 Januari kemarin, unit masuk bengkel DKI I dan DKI II yang terletak di Jabodetabek sudah 465 unit,” tandas Hendrayadi 

Low multi purpose vehicle (LMPV) kembaran Toyota Avanza, Xenia, menjadi yang paling banyak masuk. Adapun model kedua dan ketiga terbanyak adalah Ayla serta Sigra.

“Populasi Xenia ini, kan, memang sudah sejak 2004 hingga sekarang. Ini yang paling banyak masuk,” tukasnya tanpa menyebutkan persentase masing-masing model.

Mobil-mobil yang masuk bengkel resmi pascabanjir dibagi menjadi tiga jenis kerusakan yaitu ringan, menengah, serta berat. Kerusakan ringan adalah untuk mobil-mobil yang belum kemasukan air sampai kabin, kerusakan sedang adalah mobil yang sudah kemasukan air tapi masih di bawah jok kursi, sedangkan kerusakan berat adalah yang terendam hampir sepenuhnya hingga di dalam kabin.

“Jenis pengerjaan yang light (kerusakan ringan) 37 persen, medium 42 persen. Itu yang sudah masuk kabin tapi masih di bawah kursi. Kemudian yang berat 21 persen. Jadi paling banyak (kerusakan) medium,” pungkas Hendrayadi lagi.

Daihatsu sendiri sudah merilis Paket Peduli Banjir. Di dalamnya terdapat potongan harga perbaikan maupun perawatan karena banjir.

Untuk jasa, suku cadang, oli, ada diskon masing-masing 15 persen. Pembersihan serta salon mobil pun mendapat potongan harga masing-masing 20 persen.

“Kami juga memberikan check up gratis. Untuk cek jika ada yang rusak-rusak,” ujar Hendrayadi lagi. [Xan/Ari]



Insan Akbar Krisnamusi

Insan Akbar Krisnamusi

Insan mulai menjadi jurnalis pada 2011 di Harian Umum Media Indonesia dan resmi bergabung ke Mobil123.com sejak Februari 2018. Ia menyelami dunia otomotif sejak 2012 dan paling tertarik dengan isu-isu industri.


Berita Utama


Komentar

Chat Aktif
Diarsipkan
Bantuan

Kami akan membantu Anda

klik tombol "Bantuan" untuk berbicara dengan Customer Care kami.
Hapuskan chat?
Chat Empty
Tidak ada chat yang sedang berlangsung
Mulai pencarian dan chat dengan penjual
Bantuan

Kami akan membantu Anda

klik tombol "Bantuan" untuk berbicara dengan Customer Care kami.
Support