Toyota Perpanjang Penghentian Produksi Kendaraan di Indonesia

Berita Otomotif

Toyota Perpanjang Penghentian Produksi Kendaraan di Indonesia

JAKARTA – Toyota Motor Manufacturing Indonesia (TMMIN) memperpanjang masa penghentian aktivitas produksi akibat pagebluk Corona Virus Disease 2019 (Covid-19).

Dengan ini maka pabrik TMMIN akan ditutup hingga 24 April 2020. Langkah ini dilakukan untuk mengantisipasi penurunan permintaan dalam negeri dan ekspor serta kondisi pasokan komponen kendaraan di dalam negeri.

Selain itu, mereka juga ingin melindungi karyawan dan pemangku kepentingan, upaya dan arahan pemerintah untuk mengatasi wabah ini. Terlebih saat ini, jumlah wilayah yang menerapkan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) di Indonesia semakin meningkat.

Selain DKI Jakarta, sudah adalah lima wilayah di Jawa Barat yang ikut melaksanakan PSBB. Kelima wilayah tersebut adalah Kota Bogor, Kabupaten Bogor, Kota Bekasi, Kabupaten Bekasi dan Kota Depok. Selanjutnya Tangerang, Banten dikabarkan juga akan melakukan hal yang sama setelah permohonannya disetujui oleh Kementerian Kesehatan.

Meski memperpanjang penutupan produksi kendaraan, TMMIN menegaskan telah mengamankan stok kendaraan. Stok tersebut cukup untuk memenuhi kebutuhan dalam negeri maupun kebutuhan ekspor.

“Kami telah memastikan kecukupan pasokan untuk memenuhi kebutuhan konsumen dan ekspor, sebagai bagian tanggung-jawab kami sebagai basis produksi untuk domestik dan ekspor,” ujar Bob Azam, Direktur Administrasi, Korporasi dan Hubungan Eksternal TMMIN.

Sebagaimana pengaturan dalam penghentian aktivitas produksi sebelumnya, beberapa aktivitas di antaranya adalah logistik ekspor akan tetap berjalan di bawah pengawasan pembatasan sosial dan keamanan kesehatan yang ketat. TMMIN memastikan bahwa pelaksanaan seluruh aktivitas perusahaan selama pemberlakuan PSBB akan sesuai dengan peraturan dan protokol kesehatan yang berlaku. [Adi/Ari]



Adi Hidayat

Adi Hidayat

Pria lugu yang tinggal di Bekasi ini kerap menghadapi kemacetan Jakarta untuk memberikan informasi terkini terkait dunia otomotif Indonesia. Menghirup asap knalpot, merasakan teriknya panas matahari, menerabas hujan hingga menembus kepungan banjir pun telah menjadi bagian dari hidupnya. Meski demikian ia menjalaninya dengan penuh ketabahan dan kesabaran.


Berita Utama


Komentar