Toyota Menanggapi Kemungkinan Avanza-Veloz vs Hyundai Stargazer: Kami Kuat!

Berita Otomotif

Toyota Menanggapi Kemungkinan Avanza-Veloz vs Hyundai Stargazer: Kami Kuat!

JAKARTA – Toyota Avanza-Veloz belum lama mendapatkan penyegaran signifikan, sehingga diyakini kompetitif kalau nantinya ditantang Hyundai Stargazer. Jaringan diler Toyota pun disebut kuat.

Foto-foto multi purpose vehicle (MPV) bernama Stargazer dipublikasikan oleh Hyundai Indonesia beberapa pekan belakangan.

Model ini sendiri isunya akan masuk ke segmen low MPV (LMPV) yang diisi Avanza, Veloz, Daihatsu Xenia, Mitsubishi Xpander, Suzuki Ertiga, Honda Mobilio, Wuling Confero.

Hyundai selalu menolak mengomentari kabar tersebut. Tapi, sejak 2019, mereka sudah mengakui akan meluncurkan sebuah LMPV rakitan lokal di Tanah Air.

Menanggapi kemungkinan Avanza-Veloz vs Stargazer, eksekutif PT. Toyota Astra Motor (TAM) selaku agen pemegang merek menyinggung aspek produk terlebih dahulu.

“Kalau dari sisi produk, produk kami (Avanza-Veloz) masih relatif baru. Platform baru, mesin baru, fitur-fiturnya juga cukup lengkap. Menurut kami, sih, (Avanza-Veloz) masih kompetitif karena baru meluncur juga. Masih segar,” ujar Marketing Director TAM Anton Jimmi Suwandy merespons pertanyaan Mobil123.com di sela-sela Media Test Drive Veloz, Kamis (30/6/2022) malam di Jakarta.

Sekadar mengingatkan, Avanza-Veloz generasi ketiga mengaspal di negeri ini pada November 2021. Pada model terkini, Veloz yang dahulu merupakan varian termewah dari Avanza dibuat sebagai model tersendiri.

Perakitan Veloz, yang dulu dilakukan di pabrik PT. Astra Daihatsu Motor (ADM) bersama-sama dengan Xenia, pun dioper ke pabrik PT. Toyota Motor Manufacturing Indonesia (TMMIN).

Avanza-Veloz generasi ketiga punya antara lain teknologi Toyota Safety Sense (TSS). Di dalamnya terdapat fitur-fitur canggih seperti Pre-collision Warning, Pre-collision Braking, Lane Departure Warning and Prevention, Front Departure Alert.

Lebih lanjut, Anton juga menyorot kematangan mereka dalam urusan non-produk.

“Terkait non-produk pun, kami cukup percaya diri. Aspek non-produk Toyota, kan, juga kuat. Layanan purnajual kami, jaringan kami, juga pasti kuat dibandingkan merek-merek lain,” tegas dia.

Ini tak kalah penting karena karakter konsumen di pasar mobil negeri ini menuntut kelengkapan ‘paket’ penjualan, produk, maupun purnajual.

“Konsumen, tuh, sekarang kemauannya macam-macam. Maunya lengkap. Semuanya mau. Jadi, semua berlomba-lomba di situ,” tutup Anton. [Xan/Ses]

>>>>> Klik link ini untuk melihat harga mobil baru <<<<<



Insan Akbar Krisnamusi

Insan Akbar Krisnamusi

Insan mulai menjadi jurnalis pada 2011 di Harian Umum Media Indonesia, kemudian di Suara.com (2016 - 2018), hingga akhirnya resmi bergabung ke Mobil123.com sejak Februari 2018. Ia menyelami dunia otomotif sejak 2012 dan paling tertarik dengan isu-isu industri.


Berita Utama


Komentar