Toyota Kijang Innova Bekas Diklaim Lebih Dicari daripada Avanza Seken

Berita Otomotif

Toyota Kijang Innova Bekas Diklaim Lebih Dicari daripada Avanza Seken

TANGERANG – Toyota Kijang Innova diklaim lebih diminati ketimbang Avanza di pasar mobil bekas, sementara stoknya terbilang jarang.

Abdul Rahim, Supervisor Dealer Toyota Trust Bintaro, mengatakan bahwa untuk segmen mobil keluarga seperti multi purpose vehicle (MPV), Kijang Innova lebih diminati daripada Avanza. Saking diminati, perbandingan antara permintaan dengan suplai Kijang Innova seken di pasar kurang imbang.

“Apalagi yang model bermesin diesel,” kata Rahim ketika diwawancarai Mobil123.com.

Ia menilai diminatinya Kijang Innova di pasar mobil bekas tak bisa dilepaskan dari statusnya sebagai sebuah MPV, model paling disukai konsumen otomotif Tanah Air. Spesifikasi maupun tenaga medium MPV ini pun lebih tinggi dibanding Avanza yang notabene masih sekelas di bawahnya. Semua ini sudah bisa didapat dengan harga lebih rendah ketimbang membeli unit baru.

“Kalau yang mesin diesel semua komentarnya sama, pasti bilang (konsumsi bensinnya) irit,” ujar Rahim.

Ia memberi gambaran, dari 45 unit mobil bekas yang dijual Toyota Trust Bintaro pada Juni, sebanyak 14 di antaranya adalah Kijang Innova. Artinya, MPV legendaris Toyota ini bisa menyumbang lebih dari 30 persen penjualan per bulan.

Penurunan atau depresiasi harga Kijang Innova, klaimnya, juga lebih kecil dari mobil kebanyakan yang mencapai setidaknya 10 persen per tahun.

“Kami pernah jual Kijang lnnova G diesel 2015 di Rp 250 juta. Saudara saya sendiri pernah ambil tipe G diesel transmisi otomatis baru di tahun itu dan harganya Rp 265 juta-an, sudah termasuk diskon,” tandasnya.

Stok Sulit
Mencari stok untuk Kijang Innova bekas untuk memenuhi permintaan pasar cukup susah. Apalagi, untuk mendapatkan stok, Toyota Trust harus menunggu konsumen yang ingin membeli mobil Toyota baru di dealer mereka dengan skema tukar-tambah.

“Susah, apalagi yang model diesel. Apalagi Kijang Innova Reborn Luxury Diesel 2017. Ini yang paling susah. Sejauh ini, mungkin untuk tipe Reborn Diesel saya baru dapat di bawah 10 unit dari awal kami ada cabang di sini pada Maret kemarin. Kalau pun dapat, enggak sampai tiga minggu hilang (dibeli),” aku Rahim.

Kijang Innova yang beredar di Toyota Trust Bintaro rata-rata tahun 2013 – 2016. Varian pertengahan seperti tipe G adalah favorit konsumen. [Xan/Ari]



Insan Akbar Krisnamusi

Insan Akbar Krisnamusi

Insan mulai menjadi jurnalis pada 2011 di Harian Umum Media Indonesia, kemudian di Suara.com (2016 - 2018), hingga akhirnya resmi bergabung ke Mobil123.com sejak Februari 2018. Ia menyelami dunia otomotif sejak 2012 dan paling tertarik dengan isu-isu industri.


Berita Utama


Komentar