Toyota Kijang Innova dan Fortuner Diklaim Aman Gunakan BBM B20

Berita Otomotif

Toyota Kijang Innova dan Fortuner Diklaim Aman Gunakan BBM B20

JAKARTA – Toyota Kijang Innova, Toyota Fortuner maupun model-model diesel Toyota lainnya diklaim tak butuh persiapan khusus pakai bahan bakar minyak (BBM) biodiesel dengan kandungan nabati 20 persen (B20).

Distribusi maupun pemakaian B20 di Indonesia memang ingin ditingkatkan lagi oleh pemerintah, termasuk untuk mobil-mobil diesel pribadi. Ini karena konsumsi B20 bisa mengurangi ketergantungan pada impor minyak sehingga defisit neraca perdagangan maupun depresiasi kurs rupiah membaik.

Sebagai gambaran defisit nerace Januari – Juli 2018 berdasarkan data BPS adalah 3,09 miliar dollar AS (Rp 45,78 triliun) dan impor minyak plus gas cukup mempengaruhi kondisi tersebut. Defisit neraca perdagangan sedikit-banyak menambah tekanan pada nilai tukar rupiah yang kini berada di level Rp 15 ribu per dollar AS, selain karena faktor-faktor eksternal.

Toyota menegaskan dukungan dan kesiapan menyambut program B20 dari pemerintah. Henry Tanoto, Wakil Presiden PT. Toyota Astra Motor (TAM) mengatakan bahwa model-model kendaraan penumpang bermesin diesel mereka secara spesifikasi tak bermasalah jika menggunakan B20.

Karena itulah, bengkel-bengkel resmi Toyota tidak diinstruksikan untuk mewanti-wanti para pengguna mobil diesel untuk menjalani servis terlebih dahulu. Adapun model-model diesel Toyota di Indonesia antara lain adalah Kijang Innova, Fortuner atau Land Cruiser.

“Tinggal bahan bakarnya saja. Selama kriteria bahan bakar di pasar sesuai dengan yang ditentukan pemerintah, mobil-mobil kami enggak ada masalah,” ujar Henry menanggapi pertanyaan Mobil123.com beberapa waktu lalu.

Toyota sendiri masih belum menaikkan harga karena pelemahan kurs rupiah. Kenaikan harga yang terjadi pada Agya, Calya, Fortuner maupun Kijang Innova bulan lalu disebut-sebut terjadi akibat ‘komponen biaya’ lain.

Harga suku cadang Toyota pun belum dikoreksi. [Xan/Ari]



Insan Akbar Krisnamusi

Insan Akbar Krisnamusi

Insan mulai menjadi jurnalis pada 2011 di sebuah harian umum nasional dan resmi bergabung ke Mobil123.com sejak Februari 2018. Ia menyelami dunia otomotif sejak 2012 dan paling tertarik dengan isu-isu industri.


Berita Utama


Komentar

Support
Chat Support
Support Support
0 Support
Support
Chat Aktif0
Diarsipkan
Hapuskan chat?
Chat
Tidak ada chat yang sedang berlangsung
Mulai pencarian dan chat dengan penjual