Toyota Kenalkan Beragam Teknologinya di GIIAS 2015

Berita Otomotif

Toyota Kenalkan Beragam Teknologinya di GIIAS 2015

TANGERANG – Beberapa waktu lalu kami telah membahas bahwa Toyota akan tetap mengembangkan teknologi mesin konvenasionalnya meski di Jepang mereka sudah memiliki teknologi hidrogen.

Pengembangan teknologi tersebut bertujuan untuk menciptakan sebuah Ultimate Eco Car yang merupakan tujuan Toyoota untuk menghadirkan mesin yang ramah lingkungan.

“Toyota mengembangkan berbagai teknologi untuk mencapai ultimate eco car, mulai dari pengembangan engine sampai perbaikan di tahap produksi,” kata Rahmat Samulo, Direktur Marketing PT Toyota Astra Motor.

Meski ramah lingkungan, namun Toyota memastikan bahwa perfoma kendaraan tidak akan mengalami penurunan. Sebut saja mesin VVT-i yang sebelummya digunakan pada beberapa line-up seperti Agya, Etios Valco, Avanza, Kijang Innova, kini telah dikembangkannya menjadi Dual VVT-i.

Teknologi mesin Dual VVT-i yang dikembangkan sesuai dengan kondisi Indonesia, ini dipakai oleh Avanza, Corolla Altis, Camry, RAV4, Alphard, dan Velfire.

Dual VVT-i merupakan teknologi mesin efisien dalam penggunaan bahan bakar, namun tetap mendukung kinerja tenaga besar. Tak hanya itu, Toyota juga memperlihatkan kendaraan berbasis mesin Valvematic, Hybrid, VNT (Variable Nozzle Turbo), hingga Fuel Cell dan Electric. Sebagai gambaran, Valvematic yang diterapkan pada Toyota NAV1, merupakan teknologi mesin pintar yang mampu meningkatkan efisiensi bahan bakar sesuai dengan putaran mesin.

Teknologi Hybrid Drive tidak hanya diterapkan pada Prius dan Camry -- merupakan satu-satunya sedan dengan mesin ramah lingkungan di Indonesia -- tetapi juga digunakan pada Alphard. Hybrid Drive merupakan teknologi kendaraan yang menggunakan mesin bensin konvensional serta baterai sebagai sumber tenaga. 

Sementara, VNT yang dipakai Toyota Fortuner dan Hilux Diesel merupakan teknologi mesin diesel modern yang diaplikasi oleh Toyota untuk varian kendaraan dengan mesin solar. Perangkat ini mampu meningkatkan output daya dan torsi secara signifikan.

Toyota juga mulai mengenalkan mesin berteknologi  Fuel Cell Mirai. Mobil berbahan bakar hidrogen massal pertama di dunia ini memiliki keunggulan sebagai kendaraan ramah lingkungan karena gas buangnya air (zero carbon emission). [Adi/Idr]



Adi Hidayat

Adi Hidayat

Pria lugu yang tinggal di Bekasi ini kerap menghadapi kemacetan Jakarta untuk memberikan informasi terkini terkait dunia otomotif Indonesia. Menghirup asap knalpot, merasakan teriknya panas matahari, menerabas hujan hingga menembus kepungan banjir pun telah menjadi bagian dari hidupnya. Meski demikian ia menjalaninya dengan penuh ketabahan dan kesabaran.


Berita Utama


Komentar

Support
Chat Support
Support Support
0 Support
Support
Chat Aktif0
Diarsipkan
Hapuskan chat?
Chat
Tidak ada chat yang sedang berlangsung
Mulai pencarian dan chat dengan penjual