Toyota Ingin Pakai Teknologi Mobil Otonom Milik Uber

Berita Otomotif

Toyota Ingin Pakai Teknologi Mobil Otonom Milik Uber

TOKYO – Toyota dan Uber kini sedang menjajaki kerja sama penggunaan teknologi mobil otonom. Jika pembicaraan berjalan lancar, teknologi milik Uber bakal dibenamkan di beragam mobil Toyota.

Diskusi sangat intensi dilakukan Toyota dan Uber untuk memulai kemungkinan tersebut. Uber sendiri diketahui sedang berusaha menjual teknologi mobil otonom mereka ke perusahaan-perusahaan lain.

Seperti yang diberitakan Nikkei, Toyota ingin memakai teknologi milik Uber di model-model minivan mereka. Kendati begitu, tidak disebutkan rincian model maupun di negara mana saja hal ini dilakukan.

Para eksekutif pabrikan asal Jepang tersebut diketahui sudah bertemu Chief Executive Officer Uber Dara Khosrowshahi di Amerika Serikat pekan ini. Juru bicara Toyota, ketika diminta konfirmasi, menyatakan pihaknya belum mencapai kata final dalam pembicaraan dengan Uber.

“Kami dengan Uber bertukar sudah informasi secara reguler mengenai teknologi mobil otonom  selama beberapa waktu belakangan ini,” ujar sumber dari Toyota.

Toyota sebenarnya mengembangkan teknologi mobil otonom mereka sendiri, tapi tetap terbuka berkolaborasi dengan korporasi-korporasi lain demi menghadirkannya ke pasar secepat mungkin. Kerja sama dengan Uber sendiri bukan hal baru yang dilakukan raksasa otomotif asa Jepang ini.

Pasalnya, mereka adalah investor di Uber. Toyota juga menyediakan program kredit spesial bagi para mitra Uber. Pada Januari kemarin, Toyota pernah pula mengumumkan bahwa keduanya sedang mengembangkan sistem taksi online tanpa sopir.

Para produsen kendaraan dan perusahaan teknologi sekarang memang berlomba-lomba mengembangkan mobil otonom serta berbagai perangkat pendukungnya. Taksi online di negara-negara maju pun sudah mulai mengaplikasikan teknologi itu.

Uber menjadi salah satu pihak yang serius mengembangkannya, bersaing dengan divisi mobil otonom Google yaitu Waymo. Mereka telah bekerja sama dengan Volvo dan Daimler untuk riset serta pengembangan, juga telah melakukan pengujian mobil otonom di ‘Negeri Paman Sam’. (Xan/Ari)



Insan Akbar Krisnamusi

Insan Akbar Krisnamusi

Insan mulai menjadi jurnalis pada 2011 di sebuah harian umum nasional dan resmi bergabung ke Mobil123.com sejak Februari 2018. Ia menyelami dunia otomotif sejak 2012 dan paling tertarik dengan isu-isu industri.


Berita Utama


Komentar

Chat Aktif
Diarsipkan
Chat Bantuan
Hapuskan chat?
Chat Empty
Tidak ada chat yang sedang berlangsung
Mulai pencarian dan chat dengan penjual
Chat Bantuan
Support