Toyota Hentikan Tes Mobil Otonom di Jalan Umum Usai Insiden Uber

Berita Otomotif

Toyota Hentikan Tes Mobil Otonom di Jalan Umum Usai Insiden Uber

PLANO – Toyota memutuskan untuk menghentikan pengetesan mobil otonom mereka di jalan-jalan umum Amerika Serikat, setelah mobil otonom Uber menabrak seorang perempuan di Arizona hingga tewas.

Pihak Toyota mengatakan bahwa keputusan yang mereka lakukan ini bersifat sementara. Namun, pabrikan ini tidak memberitahukan hingga kapan pengujian mobil otonom mereka di jalan-jalan publik vakum.

“Kami merasa insiden Uber bisa memberikan efek emosional pada para pengemudi kami di dalam tes itu,” kata Juru Bicara Toyota Amerika Utara Brian Lyons seperti dikutip dari CNN Money pada Rabu (21/3/2018).

Toyota menjadi pabrikan besar pertama yang mengumumkan penundaan pengujian mobil otonom mereka di ‘Negeri Paman Sam’, pascakecelakaan nahas mobil otonom Uber dengan pejalan kaki. Di samping Toyota, korporasi seperti Google, General Motors, dan Intel juga sedang menjajal mobil otonom mereka di jalan-jalan umum.

Seperti diberitakan sebelumnya, pada Minggu (18/3/2018) taksi online otonom Uber yaitu Volvo XC90 menubruk Elaine Herzberg, 49, yang sedang menyeberang di sekitar Tempe, Arizona. Saat itu, sport utility vehicle (SUV) tersebut melaju dengan kecepatan 65 km per jam.

Di balik setir sebenarnya ada seorang pengemudi yaitu Rafael Vasquez, 44. Tetapi, mobil sedang dioperasikan dalam mode otomatis. Kepolisian setempat kini sedang melakukan investigasi.

Lebih lanjut, Lyons memaparkan Toyota sejauh ini telah mengetes prototipe mobil-mobil otonom mereka di dua daerah yaitu Michigan serta California. Menurutnya, jumlah purwarupa mobil otonom yang diterjunkan ke jalan-jalan raya untuk dites masih sedikit.

Toyota sendiri pada bulan ini baru saja mengumumkan rencana investasi sebesar 300 miliar yen atau sekitar Rp 38,80 triliun demi riset serta pengembangan mobil otonom. (Xan/Ari)



Insan Akbar Krisnamusi

Insan Akbar Krisnamusi

Insan mulai menjadi jurnalis pada 2011 di sebuah harian umum nasional dan resmi bergabung ke Mobil123.com sejak Februari 2018. Ia menyelami dunia otomotif sejak 2012 dan paling tertarik dengan isu-isu industri.


Berita Utama


Komentar

Chat Aktif
Diarsipkan
Chat Bantuan
Hapuskan chat?
Chat Empty
Tidak ada chat yang sedang berlangsung
Mulai pencarian dan chat dengan penjual
Chat Bantuan
Support