Mobil123.com
Aplikasi Mobil123.com
Prediksi Harga Kendaraan Anda
4.4
33,336

Toyota Hentikan Tes Mobil Otonom di Jalan Umum Usai Insiden Uber

Berita Otomotif

Toyota Hentikan Tes Mobil Otonom di Jalan Umum Usai Insiden Uber

PLANO – Toyota memutuskan untuk menghentikan pengetesan mobil otonom mereka di jalan-jalan umum Amerika Serikat, setelah mobil otonom Uber menabrak seorang perempuan di Arizona hingga tewas.

Pihak Toyota mengatakan bahwa keputusan yang mereka lakukan ini bersifat sementara. Namun, pabrikan ini tidak memberitahukan hingga kapan pengujian mobil otonom mereka di jalan-jalan publik vakum.

“Kami merasa insiden Uber bisa memberikan efek emosional pada para pengemudi kami di dalam tes itu,” kata Juru Bicara Toyota Amerika Utara Brian Lyons seperti dikutip dari CNN Money pada Rabu (21/3/2018).

Toyota menjadi pabrikan besar pertama yang mengumumkan penundaan pengujian mobil otonom mereka di ‘Negeri Paman Sam’, pascakecelakaan nahas mobil otonom Uber dengan pejalan kaki. Di samping Toyota, korporasi seperti Google, General Motors, dan Intel juga sedang menjajal mobil otonom mereka di jalan-jalan umum.

Seperti diberitakan sebelumnya, pada Minggu (18/3/2018) taksi online otonom Uber yaitu Volvo XC90 menubruk Elaine Herzberg, 49, yang sedang menyeberang di sekitar Tempe, Arizona. Saat itu, sport utility vehicle (SUV) tersebut melaju dengan kecepatan 65 km per jam.

Di balik setir sebenarnya ada seorang pengemudi yaitu Rafael Vasquez, 44. Tetapi, mobil sedang dioperasikan dalam mode otomatis. Kepolisian setempat kini sedang melakukan investigasi.

Lebih lanjut, Lyons memaparkan Toyota sejauh ini telah mengetes prototipe mobil-mobil otonom mereka di dua daerah yaitu Michigan serta California. Menurutnya, jumlah purwarupa mobil otonom yang diterjunkan ke jalan-jalan raya untuk dites masih sedikit.

Toyota sendiri pada bulan ini baru saja mengumumkan rencana investasi sebesar 300 miliar yen atau sekitar Rp 38,80 triliun demi riset serta pengembangan mobil otonom. (Xan/Ari)



Berita Utama


Komentar

app-icon
app-icon
app-icon
Lihat Mobil Impian Anda di Aplikasi
Unduh Aplikasi Sekarang