Toyota Gratiskan 5000an Paten Teknologi Fuel Cell

Berita Otomotif

Toyota Gratiskan 5000an Paten Teknologi Fuel Cell

Tokyo – Sejak isu energi, lingkungan dan emisi menjadi perhatian dunia, Toyota langsung mengambil perhatian yang sangat besar guna memberi solusi. Di era ‘90an Toyota mengenalkan dua kendaraan fenomenal Toyota Fuel Cell Vehicel (FCEV) dan Toyota Prius.

Dengan konsep Toyota FCEV yang dikenalkan pada 1992 membuat Toyota menjadi perintis di teknologi fuel cell berbahan bakar hidrogen. Setelah melalui uji coba dan penyempurnaan, pada 2002 Toyota meluncurkan FCHV-3 yang digunakan secara terbatas di Jepang dan Amerika Serikat. Tiga tahun kemudian, mobil model fuel cellToyota memperoleh sertifikat resmi dari badan otoritas transportasi. Setelah melalui tidak kurang dari 2 juta km uji coba, pada 2013 Toyota mengumumkan mobil FCV berbahan bakar hidrogen pertama yang akan diproduksi secara komersial berlabel Toyota Mirai. Pada 2014, Toyora Mirai diluncurkan di pasar Jepang dan kemudian di pasar Amerika Serikat dan Eropa di tahun berikutnya.

Toyota Prius yang menganut Toyota Hybrid System (THS) merupakan mobil hybrid terlaris di dunia dan menempatkan Toyota sebagai pioneer di sini. Setelah Prius bermunculanlah model-model lainnya seperti Camry Hybrid, Alphard Hybrid, Yaris Hybrid.

“Teknologi FCV merupakan solusi untuk industri otomotif dalam  menghadapi kemajuan sosial ekonomi yang pesat. Teknologi FCV mampu menjawab tantangan pembangunanan berkelanjutan (sustainability development)yang terkait kelangkaan sumber energi fosil, dan masalah lingkungan(environmental development) yang terkait dengan penurunan emisi CO2,” kata Fransiskus Soerjopranoto, Executive General Manager PT Toyota-Astra Motor, di sela Tokyo Motor Show 2017.

Menurut Soerjopranotor, pemanfaatan teknologi hidrogen tidak hanya sebatas untuk kendaraan, Toyota menggunakannya sebagai penggerak forklift, peralatan rumah tangga, bahkan bisa menjadi pembangkit listrik untuk kebutuhan rumah tangga.

Toyota terus berupaya memperluas dampak positif dan mendorong perkembangan pemanfaatkan fuel cell, di antaranya memberikan akses secara gratis terhadap 5.680 paten milik Toyota yang berhubungan dengan teknologi ini. Selain itu, Toyota tengah mengembangkan model untuk supply chain hidrogen melalui pembangkit listrik di kota Yokohama bernama proyek Hama Wing.

Toyota Sora dan Toyota Fine-Comfort Ride menjadi dua dari sekian sorotan konsep kendaraan yang dipamerkan oleh Toyota di Tokyo Motor Show 2017. Keduanya menggunakan teknologi fuel cell.  [Idr]



Indra Prabowo

Indra Prabowo

Senang menulis mobil dan sepedamotor dari sisi kendaraan itu sendiri hingga perkembangan teknologi. Dia sendiri paling menyukai jika disodorkan SUV untuk dibawa ke mana dia suka, tentu saja medan offroad.


Berita Utama


Komentar

Chat Aktif
Diarsipkan
Chat Bantuan
Hapuskan chat?
Chat Empty
Tidak ada chat yang sedang berlangsung
Mulai pencarian dan chat dengan penjual
Chat Bantuan
Support