Mobil123.com
Aplikasi Mobil123.com
Prediksi Harga Kendaraan Anda
4.4
33,336

Toyota Caplok Produsen Mobil Tertua di Jepang

Berita Otomotif

Toyota Caplok Produsen Mobil Tertua di Jepang

TOKYO – Setelah sekitar 18 tahun menguasai mayoritas saham Daihatsu, akhirnya Toyota menguasai 100% Daihatsu dengan cara pertukaran saham (shares exchange).

Salah satu tujuan dari pencaplokan seluruh saham Daihatsu adalah memuluskan rencana keduanya dalam mengembangkan mobil-mobil yang lebih baik sehingga diharapkan masing-masing bisa mencapai pertumbuhan berkelanjutan.

"Ini adalah kesempatan bagi kami berdua untuk berhenti merasa bahwa kita harus berjalan sendiri, dan percaya satu sama lain untuk mengambil keuntungan penuh dari kekuatan kami masing-masing. Dengan kata lain, kami sekarang dapat fokus pada kompetensi inti kami. Saya percaya, ini adalah kunci untuk mencapai dan mempertahankan daya saing global," ujar Akio Toyoda, President Toyota Motor Corporation.

Sementara President Daihatsu Motor Masanori Mitsui menyatakan bahwa Daihatsu telah menemukan suatu tindakan yang akan memungkinkan mereka untuk melanjutkan pertumbuhan kami untuk 100 tahun ke depan.

“Kami melihat ini sebagai kesempatan yang sempurna untuk mengyatkan hubungan kami dengan Toyota, dan, dengan demikian, untuk memulai periode baru pertumbuhan, dan untuk meningkatkan merek Daihatsu untuk standar global," imbuh Masanori.

Daihatsu merupakan produsen (perusahaan manufaktur) kendaraan massal tertua di Jepang yang didirikan pada Maret 1907 dengan nama Hatsudoki Seizo. Nama perusahaan berubah menjadi Daihatsu pada Desember 1951.

Daihatsu didirikan oleh dua orang pendidik Professor Yoshiaki Yasunaga (kepala Osaka Higher Technical School, saat ini bernama School of Engineering, Osaka University) dan Seishiro Tsurumi (director of mechanical science department of Osaka Higher Technical School), bersama sekelompok pebisnis Saneyasu Oka, Masashi Kuwabara dan Zenjiro Takeuchi.

Kolaborasi antara Toyota dan Daihatsu dimulai pada 1967. Tiga puluh satu tahun kemudian (September 1998) Toyota menjadi perusahaan induk Daihatsu dengan memiliki mayoritas saham.

Hingga kini kolaaborasi antara Daihatsu dan Toyota membuahkan banyak produk kembar seperti Terios dan Rush, Ayla dan Agya, Xenia dan Avanza.  [Idr]

Temukan mobil idaman di Mobil123
Mari bergabung bersama kami di Facebook dan Twitter 
 

  

  

 



Indra Prabowo

Indra Prabowo

Managing Editor

Berkarir sebagai seorang wartawan sejak 2002. Pada 2003, penulis menjadi jurnalis di bidang otomotif. Awal karirnya sendiri adalah seorang wiraniaga pada salah satu dealer brand mobil ternama di Indonesia.


Berita Utama


Komentar

app-icon
app-icon
app-icon
Lihat Mobil Impian Anda di Aplikasi
Unduh Aplikasi Sekarang