Toyota Siapkan Sedan Listrik, Harga di Bawah Rp500 Juta

Berita Otomotif

Toyota Siapkan Sedan Listrik, Harga di Bawah Rp500 Juta

BEIJING - Toyota tengah mempersiapkan sedan bertenaga listrik dengan harga tak sampai Rp500 juta. Menurut rencana Toyota akan memasarkannya di China tahun depan.

Nama serta spesifikasi lengkap dari sedan tanpa emisi itu memang belum terungkap. Tetapi, sejumlah sumber yang diwawancarai oleh Reuters baru-baru ini mengungkap sedikit gambaran terkait sedan listrik tersebut.

Satu dari empat orang sumber membeberkan bahwa, sedan ini akan dibangun bersama perusahaan otomotif asal China, BYD. Disebutkan pula mobil listrik terbaru Toyota berdimensi sedikit lebih besar dari Corolla. 

Sementara dua sumber lain mengatakan, Toyota telah berjuang selama bertahun-tahun untuk menghasilkan mobil listrik dengan harga yang kompetitif, tapi tidak mengesampingkan kenyamanan penggunanya. 

Sumber tersebut juga memberitahu, nantinya sedan listrik Toyota menggunakan baterai Blade lithium-iron-phosphate (LFP) BYD yang lebih kecil. 

"Mobil itu diaktifkan oleh teknologi baterai BYD. Ini sedikit banyak membantu kami mengatasi tantangan yang kami hadapi dalam menghadirkan sedan listrik kecil yang terjangkau dengan interior yang lapang," ungkap sumber yang namanya dirahasiakan ini. 

Sumber lain menginformasikan sedan listrik Toyota kemungkinan dijual di bawah 200.000 yuan atau sekira Rp432juta. Toyota akan memperlihatkannya ke publik sebagai mobil konsep pada April tahun depan bersamaan dengan gelaran pameran otomotif Beijing.

Kemungkinan besar akan diluncurkan sebagai model listrik kedua setelah mobil listrik Toyota bZ.

Saat dikonfirmasi terkait kabar tersebut, Toyota enggan menjawab.

"Kami tidak mengomentari produk masa depan. Toyota menganggap kendaraan listrik berbasis baterai sebagai satu jalan untuk membantu kami mencapai netralitas karbon dan terlibat dalam pengembangan semua jenis solusi kendaraan listrik," kata juru bicara Toyota.

 

Keunggulan Baterai LFP

Baterai LFP yang nantinya tersemat di sedan listrik Toyota punya beragam keunggulan, di antaranya memiliki kepadatan energi yang lebih rendah daripada kebanyakan sel lithium-ion, umur simpannya yang lebih lama, tidak menggunakan kobalt atau nikel.dan tahan terhadap panas berlebih. (AP/Ses)

Cek mobil baru Toyota di sini.

 




Berita Utama


Komentar