Toyota Avanza Diyakini Bisa Pukul Balik Mitsubishi Xpander

Berita Otomotif

Toyota Avanza Diyakini Bisa Pukul Balik Mitsubishi Xpander

BINTARO – Toyota Avanza dipercaya bisa menyerang balik Mitsubishi Xpander dan kembali menjadi menjadi mobil terlaris di Indonesia pada akhir 2018 karena permintaan dari sektor fleet (korporasi).

Sejak Februari tahun ini, Xpander berhasil menjatuhkan Avanza yang bercokol lama di takhta mobil terlaris di segmen low multi purpose vehicle (LMPV) serta di pasar otomotif nasional secara keseluruhan. Situasi ini bertahan terus sampai semester satu 2018 jika melihat data wholesales Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo).

Namun, Toyota yakin kondisi tersebut bisa berbalik di penghujung tahun bershio anjing tanah ini. Penyelamat Avanza bukan dari sektor penjualan retail, tapi dari bisnis fleet.

“Kalau kami optimistis akhir tahun bisa kembali nomor satu karena biasanya saat itu banyak perusahaan yang ambil mobil, seperti misalnya perusahaan-perusahaan rental mobil. Mereka pun lebih condong memilih Avanza karena nilai jual kembalinya lebih bagus,” nilai Fransiskus Soerjopranoto, Executive General Manager PT. Toyota Astra Motor (TAM).

Avanza memang lebih unggul di sektor fleet ketimbang Xpander. Pasalnya, Avanza sudah ada di pasar otomotif Tanah Air sejak 2004 dan memiliki keunggulan di harga jual kembali.

Xpander, di sisi lain, baru meluncur di Indonesia pada Agustus 2017. LMPV bernuansa sport utility vehicle (SUV) ini pun baru mulai melirik bisnis fleet.

Wholesales Xpander sendiri pada Januari – Juni menurut data Gaikindo berjumlah 39.948 unit. Avanza, di sisi lain, membukukan 39.455 unit.

Distribusi Avanza dari pabrikan ke dealer menurun 36,99 persen jika dibandingkan dengan periode yang sama tahun sebelumnya (year on year). Pada Januari – Juni 2017, wholesales Avanza mencapai 62.615 unit.

Sementara itu, Xpander belum memiliki perbandingan year on year. [Xan/Ari]



Insan Akbar Krisnamusi

Insan Akbar Krisnamusi

Insan mulai menjadi jurnalis pada 2011 di Harian Umum Media Indonesia, kemudian di Suara.com (2016 - 2018), hingga akhirnya resmi bergabung ke Mobil123.com sejak Februari 2018. Ia menyelami dunia otomotif sejak 2012 dan paling tertarik dengan isu-isu industri.


Berita Utama


Komentar