Toyota akan Bangun Perusahaan Baru untuk Kembangkan Mobil Otonom

Berita Otomotif

Toyota akan Bangun Perusahaan Baru untuk Kembangkan Mobil Otonom

TOKYO – Toyota akan membangun sebuah perusahaan Joint Venture untuk mengembangkan mobil otonom.

Perusahaan joint venture tersebut akan menggabungkan sedikitnya empat perusahaan yang berada di bawah bendera Toyota Motor Corp dengan sejumlah perusahaan komponen seperti Bosch Group. Keempat perusahaan dari Toyota tersebut adalah Denso Corp, Aisin Seiki Co, Jtekt Corp dan Advics.

Perusahaan joint venture tersebut akan mengembangkan teknologi mobil otonom hingga ke bagian terkecil termasuk pengereman dan pengendalian. Denso diperkirakan menjadi pemegang saham terbesar dalam perusahaan tersebut.

Rencananya, perusahaan tersebut akan hadir pada akhir tahun ini dan memenuhi kebutuhan teknologi Toyota. Meski demikian, tidak menutup kemungkinan bahwa nantinya perusahaan tersebut juga akan menjadi supplier bagi produsen kendaraan dari Eropa, Amerika dan Cina.

Pembangunan perusahaan Joint Venture ini terbilang menarik. Pasalnya, Pemerintah Jepang sendiri juga tengah berusaha untuk mengembangkan mobil terbang. Untuk dapat mencapai cita-cita tersebut, Pemerintah Jepang sendiri bahkan sudah menggandeng beberapa perusahaan seperti Uber dan Airbus agar bekerjasama dengan perusahaan asal Jepang.

Keputusan Pemerintah Jepang untuk mengembangkan mobil terbang adalah ketertinggalan produsen mobil asal negeri tersebut dibidang mobil otonom dan mobil listrik. Pemerintah melihat bahwa tidak ada salahnya untuk mengembangkan kendaraan yang persaingannya belum ketat. Dengan demikian, produsen mobil asal Jepang masih bisa berbicara banyak di pasar otomotif dunia. [Adi/Ari]



Adi Hidayat

Adi Hidayat

Pria lugu yang tinggal di Bekasi ini kerap menghadapi kemacetan Jakarta untuk memberikan informasi terkini terkait dunia otomotif Indonesia. Menghirup asap knalpot, merasakan teriknya panas matahari, menerabas hujan hingga menembus kepungan banjir pun telah menjadi bagian dari hidupnya. Meski demikian ia menjalaninya dengan penuh ketabahan dan kesabaran.


Berita Utama


Komentar