Mobil123.com
Aplikasi Mobil123.com
Prediksi Harga Kendaraan Anda
4.4
33,336

Tips Menghindari Berkelahi di Jalan

Panduan Pembeli

Tips Menghindari Berkelahi di Jalan

JAKARTA – Di jalan raya kita sering menjumpai sejumlah pengendara terlibat konflik, adu mulut atau berkelahi, atau mungkin kita sendiri pernah mengalaminya.

Guild of Experienced Motorists (GEM) punya beberapa tips agar Anda tidak menjadi sasaran agresi orang atau terlibat konflik di jalan raya:

  1. Anda harus tetap tenang dan menahan diri. Setiap perjalanan membawa risiko frustrasi dan konflik. Berjanjilah kepada diri sendiri untuk bersabar. Hindari membunyikan klakson atau membuat gerakan dalam kemarahan.
  2. Hindari kompetisi dan menahan keinginan untuk 'membuat balasan setimpal'. Jika standar mengemudi orang lain mengecewakan Anda, jangan mencoba untuk mendidik atau menegur mereka.
  3. Jangan memaksa masuk ke antrian lalu lintas. Jika Anda menunggu dan memberi sinyal dengan jelas, Anda tidak akan menunggu lama sebelum pengemudi lain mengijinkan Anda masuk. Ingatlah, mereka tidak suka dipaksa memberikan jalan.
  4. Jangan pernah malas mengucapkan “terima kasih” atau “maaf”. Ketika Anda melakukan kesalahan lalu Anda meminta maaf maka ini bisa mengurangi risiko konfrontasi dengan pengendara lain.
  5. Jauhi masalah. Jika Anda merasa terancam oleh pengemudi lain, pastikan pintu mobil Anda terkunci dan kendarai mobil (pada kecepatan sesuai peraturan) ke kantor polisi terdekat atau tempat-tempat yang sibuk  seperti SPBU. Gunakan Ponsel Anda untuk menghubungi polisi. Menekan klakson berulang-ulang atau terus-menerus kemungkinan bisa menghalangi penyerang.

"Ini semua tentang menunjukkan pertimbangan, kesabaran dan toleransi. Kita semua membuat kesalahan dari waktu ke waktu,” kata GEM road safety officer Neil Worth. [Idr]

Temukan mobil idaman di Mobil123
Mari bergabung bersama kami di Facebook dan Twitter

 



Indra Prabowo

Indra Prabowo

Managing Editor

Berkarir sebagai seorang wartawan sejak 2002. Pada 2003, penulis menjadi jurnalis di bidang otomotif. Awal karirnya sendiri adalah seorang wiraniaga pada salah satu dealer brand mobil ternama di Indonesia.


Berita Utama


Komentar

app-icon
app-icon
app-icon
Lihat Mobil Impian Anda di Aplikasi
Unduh Aplikasi Sekarang