Tips Mengemudi di Waktu Malam

Panduan Pembeli

Tips Mengemudi di Waktu Malam

London - Berkendara di malam hari bisa dikatakan lebih sulit jika dibandingkan dengan di siang. Pasalnya berkendara di malam hari kita memerlukan konsentrasi lebih tinggi karena penerangan terbilang lebih sedikit jika dibandingkan dengan siang. Lantas apa saja yang bisa kita lakukan untuk berkendara lebih selamat di malam hari?

Lantas apa saja yang bisa kita lakukan untuk berkendara lebih selamat di malam hari? Institute of Advanced Motorists membeberkan cara atau tips mengemudi atau berkendara di malam hari:

Bersihkan Kaca
Sebelum melakukan perjalanan di malam hari, periksa kaca depan, belakang dan samping. Pastikan semuanya bersih. Kebersihan kaca memengaruhi tingkat visibilitas dalam berkendara khususnya di waktu malam. Kaca  bersih membantu meningkatkan jarak pandang ketika mengemudi.

Nyalakan Lampu
Dengan menyalakan lampu, maka Anda tidak hanya dapat melihat sekeliling kendaraan, namun membuat orang lain juga bisa melihat Anda. Jangan lupa untuk menjadikan lampu belakang kendaraan di depan Anda sebagai salah satu patokan dalam mengetahui jarak antarkendaraan.

Lampu Jauh
Ketika Anda sedang mengemudi di jalan tanpa penerangan, Anda sebaiknya menggunakan lampu jauh. Ini akan memudahkan Anda untuk melihat jauh ke depan dan membantu Anda untuk mengidentifikasi bahaya yang berada di depan. Matikan lampu jauh ketika Anda berpapasan dengan kendaraan lain karena dikhawatirkan dapat menyilaukan mata orang lain.

Maksimalkan Pengelihatan Anda
Jika anda memiliki masalah dengan mata Anda dan harus dibantu dengan kacamata atau semacamnya, pastikan Anda menggunakannya. Jangan lupa untuk membawa cadangannya. Ini akan membuat Anda merasa lebih mudah untuk melihat dan merasa aman apabila kacamata Anda hilang atau rusak.

Road Reflection (Refleksi Rambu)
Anda tentu sering melihat rambu-rambu di malam hari seakan mengeluarkan cahaya. Gunakan mereka untuk membantu Anda dalam berkendara saat malam  khususnya di jalan dengan penerangan buruk. Hal ini memudahkan Anda untuk berkendara di malam hari.

Jaga Jarak
Menentukan jarak di malam hari lebih sulit ketimbang dengan siang hari. Untuk itu, jaga jarak aman Anda, dan mengemudilah dengan kecepatan normal. Dengan demikian jika terjadi hal-hal yang tidak diinginkan Anda masih sempat untuk melakukan pengereman atau bermanuver guna menghindari kecelakaan.

Pawai
Kita sering menemukan kegiatan pawai yang melibatkan anak-anak di jalan atau trotoar. Ketika anda menghadapi situasi demikian, pastikan Anda berkendara dengan kecepatan rendah. Ini untuk memudahkan Anda menghindari menabrak anak-anak yang mungkin sulit untuk dilihat dan ditebak kemana ia akan melangkah. [Adi/Idr]

Temukan Mobil Baru dan Mobil Bekas
Bergabunglah di Facebook dan Twitter Mobil123.com

 



Adi Hidayat

Adi Hidayat

Pria lugu yang tinggal di Bekasi ini kerap menghadapi kemacetan Jakarta untuk memberikan informasi terkini terkait dunia otomotif Indonesia. Menghirup asap knalpot, merasakan teriknya panas matahari, menerabas hujan hingga menembus kepungan banjir pun telah menjadi bagian dari hidupnya. Meski demikian ia menjalaninya dengan penuh ketabahan dan kesabaran.


Berita Utama


Komentar

Support
Chat Support
Support Support
0 Support
Support
Chat Aktif0
Diarsipkan
Hapuskan chat?
Chat
Tidak ada chat yang sedang berlangsung
Mulai pencarian dan chat dengan penjual