Tips Mengatasi Situasi Jalan yang Berat

Panduan Pembeli

Tips Mengatasi Situasi Jalan yang Berat

JAKARTA - Pernahkah Anda menghadapi kondisi jalan yang membuat Anda tidak nyaman? Hal ini bisa dimulai dari buta arah karena Anda belumpernah melalui rute tersebut hingga dengan kondisi jalan yang tidak mendukung bisa menjadi faktor kecelakaan bagi Anda.

Lantas, bagaimana cara untuk mengatasinya? Key2drive membagi 3 taktik untuk mengatasi ini.

Proaktif – Rencanakan perjalanan Anda

  1. Rencanakan dan pikirkan kemana tujuan Anda. Cek peta dan periksa jalur yang terbaik. Ingat, jalur terbaik belum tentu jalan dengan rute tercepat.
  2. Sesuaikan rute dengan kemampuan Anda mengemudi. Kalau jalan tercepat menurut Anda memerlukan kemampuan tinggi yang Anda tidak sanggup, maka pilihlah jalan lain yang tidak membuat Anda stress, meski itu harus memutar.
  3. Minta penumpang untuk membantu mengarahkan jalan.
  4. Gunakan alat navigasi seperti GPS untuk memudahkan perjalanan.
  5. Hindari peak hours (jam-jam sibuk) agar tidak terkena macet.
  6. Siapkan mental dan kesabaran Anda untuk menghadapi situasi sulit. Misalnya ketika Anda harus memutar arah, kondisi ini memerlukan kesabaran untuk menunggu dan teknik  tepat agar dapat menikung dengan tepat.
  7. Pastikan kaca Anda bersih sehingga jarak pandang tidak terganggu. Pastikan juga posisi duduk Anda tepat agar bisa melihat sekeliling dengan mudah.
  8. Kurangi, bahkan jika bisa hilangkan semua gangguan ketika mengemudi seperti dengan cara mematikan handphone dan rokok.

Responsif -  Menyiapkan apa yang akan terjadi di hadapan Anda

  1. Coba lihat jauh ke depan, sesuai dengan kemampuan mata Anda, dengan demikian Anda akan memiliki lebih banyak waktu untuk menghindari bahaya di depan.
  2.  Semakin dekat dengan potensi bahaya, maka Anda harus memiliki reaksi lebih cepat ketimbang dengan biasanya. Umumnya Anda harus mengerem untuk menghindari bahaya.
  3. Rileks dan jangan tegang menghadapi situasi jalan. Umumnya, orang-orang akan mengambil napas dalam dan melakukan senam ringan agar bisa berpikir dengan jernih. Dengan demikian mengemudi akan lebih menyenangkan.
  4. Jaga jarak aman antar kendaraan.
  5. Kondisi jalan selalu berubah. Perhatikan penubahan tersebut dan bersiap untuk mengatasi situasi darurat yang mungkin terjadi.

Reaktif -  Ketika Anda merasa berada dalam tekanan

  1. Tetap mengemudi sesuai dengan jalur Anda
  2. Hindari melakukan rem mendadak, menekan gas tiba-tiba dan banting setir.
  3. Jangan ngebut. Dengan mengemudi pelan maka akan memberikan Anda waktu lebih banyak untuk bereaksi
  4. Minta agar penumpang untuk diam. Anda harus berkonsentrasi.
  5. Tetap tenang. Tari napas dalam-dalam dan perlahan.
  6. Jika Anda merasa berada di dalam tekanan yang tidak bisa Anda tangani, berhentilah ditempat aman.

 Bergabunglah di Facebook dan Twitter Mobil123.com



Adi Hidayat

Adi Hidayat

Pria lugu yang tinggal di Bekasi ini kerap menghadapi kemacetan Jakarta untuk memberikan informasi terkini terkait dunia otomotif Indonesia. Menghirup asap knalpot, merasakan teriknya panas matahari, menerabas hujan hingga menembus kepungan banjir pun telah menjadi bagian dari hidupnya. Meski demikian ia menjalaninya dengan penuh ketabahan dan kesabaran.


Berita Utama


Komentar

Support
Chat Support
Support Support
0 Support
Support
Chat Aktif0
Diarsipkan
Hapuskan chat?
Chat
Tidak ada chat yang sedang berlangsung
Mulai pencarian dan chat dengan penjual