Tips Gampang dan Murah Rawat Interior Mobil agar Tak Kusam

Panduan Pembeli

Tips Gampang dan Murah Rawat Interior Mobil agar Tak Kusam

JAKARTA – Interior mobil berpotensi menjadi kusam seiring waktu, termasuk bagian-bagian berbahan plastik. Cara pencegahan mudah dan relatif murah adalah dengan dashboard coating.

Kusamnya bagian-bagian interior mobil dari material plastik bisa terjadi karena berbagai sebab. Misalnya akibat jarang dibersihkan.

Tambahan paparan sinar matahari juga bisa menyebabkan potensi masalah lain, yakni keretakan. Ini lebih rentan terjadi pada sektor dasbor.

Pergi ke salon mobil memang bisa menjadi salah satu solusi perawatan atau perbaikan interior kusam. Akan tetapi, biayanya tidak murah.

“Kebanyakan orang ketika melihat dasbor yang sudah kusam akan mengeluarkan biaya mahal untuk memperbaiki, mengganti dengan yang baru atau menggunakan semir yang hanya tahan 1- 2 bulan,” ujar Sales Manager PT. Difan Prima Paint Hoki Khosuma, melalui keterangan resmi yang diterima Mobil123.com baru-baru ini.

Menurut Hoki, salah satu cara mencegah atau menghilangkan kusamnya interior mobil yang terbuat dari bahan plastik adalah dengan menggunakan dashboard coating.

Keretakan-keretakan yang ada bisa pula tersamarkan dengan menyemprotkan cairan pelapis tersebut.

Uang yang dikeluarkan pun bisa lebih murah daripada ke salon mobil dan pengerjaannya bisa dilakukan sendiri.

Dia mencontohkan banderol Diton Dashboard Coating Original Black 9800 yang hanya Rp65 ribu untuk satu kaleng berukuran 400 ml.

Ia mengklaim hasil pengecatan dengan dashboard coating bisa melekat jauh lebih kuat dan permanen daripada dengan semir.

Diton Dashboard Coating sendiri diklaim memberikan efek daun talas, sama seperti efek yang ditimbulkan nano ceramic coating, sehingga dapat mengembalikan fungsi awal dasbor serta mencegah munculnya jamur.

“Efek daun talas dan bisa cegah jamur ini yang tak didapatkan dashboard orisinal. Para pemilik juga nggak perlu khawatir, tekstur original pada dashboard tak akan berubah,” terang Hoki.

Selain itu, lanjutnya, dashboard coating bersifat multifungsi karena tidak hanya bisa diaplikasikan pada komponen-komponen plastik pada interior namun juga eksterior. Di antaranya bumper maupun wiper cowl.

merawat mobil dengan dashboard coating

Bodi motor juga bisa dirawat memakai dashboard coating agar kinclong dan tidak kusam.

Untuk penggunaan di luar otomotif, dashboard coating bisa dipakai merawat televisi, radio, maupun DVD.

Cara Merawat Mobil dengan Dashboard Coating

Dashboard coating bisa diaplikasikan ke permukaan dengan cepat dan mudah, tanpa jasa pengecatan.

Hoki memaparkan bahwa sebelum penyemprotan, interior atau eksterior mobil dibersihkan menggunakan air sabun agar terhindar dari debu maupun oli.

Baret halus atau kotoran yang agak ‘bandel’—jika ada—dibersihkan dahulu dengan amplas ukuran 2.000.

Setelah kering dan bersih, pemilik kendaraan bisa langsung menyemprotkan dashboard coating pada bagian-bagian interior/eksterior.

“Lebih praktis, efisien, dan cepat kering. Hasilnya langsung terlihat, dashboard mobil kembali baru seketika,” pungkas Hoki. [Xan/Ses]



Insan Akbar Krisnamusi

Insan Akbar Krisnamusi

Insan mulai menjadi jurnalis pada 2011 di Harian Umum Media Indonesia, kemudian di Suara.com (2016 - 2018), hingga akhirnya resmi bergabung ke Mobil123.com sejak Februari 2018. Ia menyelami dunia otomotif sejak 2012 dan paling tertarik dengan isu-isu industri.


Berita Utama


Komentar