Mobil123.com
Aplikasi Mobil123.com
Prediksi Harga Kendaraan Anda
4.4
33,336

Tips Belajar Naik Motor Matik

Berita Otomotif

Tips Belajar Naik Motor Matik

JAKARTA – Berkendara dengan sepeda motor jenis matik harus mengenali karakternya agar membahayakan pengguna jalan lain.

Seperti diketahui bahwa skutik atau skuter matik di Indonesia menjadi penguasa pangsa pasar kendaraan roda dua. Motor jenis ini digandrungi karena memiliki nilai efisien yang cukup tinggi dibandingkan lainnya.

Meskipun secara teknis lebih mudah digunakan, namun tidak jarang para pemiliknya lalai dalam berkendara sehingga menyebabkan kecelakaan. Oleh karena itu, mengendarai motor matik harus tetap menguasai dan memahami karakternya.

Yamaha Riding Academy (YRA) dari Main Dealer PT Thamrin Brothers area Sumatera Selatan dan Bengkulu memberikan beberapa tips untuk menjadi pengendara yang andal di jalanan.

“Sepeda motor salah satu kendaraan yang bermanfaat untuk melakukan aktivitas harian maupun hobi. Bagi yang ingin belajar mengendarainya, kami memberikan beberapa poin sebagai panduan agar lebih menyenangkan di jalan,” ucap Wiranata P Ilahi, Manager Promosi Main Dealer Thamrin Brothers.

Tips belajar naik motor matik:

  1. Kenali fungsi perangkat motor
  • Tuas rem depan di kanan dan belakang di kiri.
  • Side stand switch off, untuk menghidupkan mesin, side stand (standar samping) harus ditekuk terlebih dahulu (release).
  • Tarik tuas rem untuk menghidupkan motor

Belajar naik motor matik

  1. Kenali karakter motor
  • Gas secara perlahan ketika akan berjalan dan rasakan gerakan di roda (motor matik pertama akan jalan agak lambat karena dirancang mulai berjalan di rpm tertentu)
  • Kenali karakter engine brake-nya karena akan lebih kecil dari motor bebek dan sport
  • Lakukan pengereman secara halus agar lebih aman dan tenaga motor tidak mudah drop
  • Gunakan kedua rem secara bersamaan agar dapat mengurangi kecepatan lebih maksimal terutama saat melintasi jalan menurun
  • Jaga putaran terutama saat akan mendahului dan melewati jalan menanjak/tanjakan agar lebih mudah melewatinya.

Dengan mengenali fungsi-fungsi kendaraan dalam hal ini motor matik, maka Anda akan lebih cepat menguasainya. Tentunya hal ini akan membuat pengendara lebih aman di jalanan.

Hal yang tidak boleh dilupakan saat berkendara terutama sepeda motor adalah menggunakan safety gear dan menaati rambu-rambu lalu lintas yang berlaku. Dengan begitu, Anda akan terhindar dari bahaya yang mengintai di jalanan. [Dew/Had]



Denny Basudewa

Denny Basudewa

Reporter

Cowok kelahiran Bogor, Jawa Barat ini gemar mendalami seluk beluk dunia otomotif. Dunia jurnalistik telah menjadi passion hidupnya sehingga ingin terus memberikan informasi seputar otomotif pada masyarakat.


Berita Utama


Komentar

app-icon
app-icon
app-icon
Lihat Mobil Impian Anda di Aplikasi
Unduh Aplikasi Sekarang