Yuk Hindari Distraksi Mengemudi dari Teknologi

Panduan Pembeli

Yuk Hindari Distraksi Mengemudi dari Teknologi

JAKARTA – Memaksimalkan kegunaan perangkat selular dan sistem GPS diharapkan mampu memperlancar perjalanan, bukan sebaliknya.

Perangkat selular dan sistem GPS kini sudah menjadi barang yang lumrah ada di mobil. Namun, perangkat tersebut ternyata bisa membuat pengemudi terganggu konsentrasinya. Dan berikut adalah beberapa tips untuk tetap dapat memnfaatkan teknologi tanpa harus mengganggu konsentrasi mengemudi.

Meski sudah mengguanakan GPS untuk berkendara dari kota A ke kota B, coba untuk tidak terlalu bergantung alat tersebut dan tetap fokus pada rambu-rabu lalu lintas serta petunjuk jalan. Hal ini dikarenakan ada kemungkinan GPS tidak menunjukkan jalan baru yang ditunjukkan dengan rambu lalu lintas.

Selanjutnya, kenali GPS yang anda gunakan. Banyak orang yang mengandalkan GPS agar tidak tersesat namun beberapa GPS juga sudah dilengkapi dengan informasi penting sepertinya adanya perbaikan jalan, tempat hiburan atau tempat istirahat.

Tidak ada salahnya untuk membuat playlist lagu sebelum memulai perjalanan. Bila ini tidak dilakukan maka kemungkinan besar anda akan mengutak atik sistem hiburan hanya untuk mendengarkan lagu yang diinginkan. Padahal ini adalah salah satu bentuk gangguan karena perhatian anda teralih pada hal lain di luar mengemudi. Namun, akan lebih baik lagi bila anda mematikan music. Dengan demikian, anda bisa mendengar apa yang ada di sekitar kendaraan.

Terakhir, jangan melakukan dan menerima telepon, membaca dan mengetik pesan serta membuka social media melalui handphone. Sudah banyak penemiltian yang mengatakan bahwa melakukan semua hal tersebut dapat menyebabkan konsentrasi terpecah dan memperlambat respon saat mengemudi.

“Sistem bantuan untuk pengemudi bisa menjadi hal sempurna untuk menutupi kelemahan yang dimiliki manusia namun beresiko mengganggu konsentrasi. Pengemudi harus tetap menyadari apa yang sedang terjadi di sekitarnya. Multi tasking adalah sebuah mitos dan mematikan perangkat seluler adalah sebuah langkah untuk menghindari resiko,” tegas Richard Gladman, Head of Driving and Riding Standards IAM RoadSmart. [Adi/Ari]

Temukan mobil idaman di Mobil123        
Mari bergabung bersama kami di Facebook dan Twitter

 

 

Tag Terkait


Adi Hidayat

Adi Hidayat

Pria lugu yang tinggal di Bekasi ini kerap menghadapi kemacetan Jakarta untuk memberikan informasi terkini terkait dunia otomotif Indonesia. Menghirup asap knalpot, merasakan teriknya panas matahari, menerabas hujan hingga menembus kepungan banjir pun telah menjadi bagian dari hidupnya. Meski demikian ia menjalaninya dengan penuh ketabahan dan kesabaran.


Berita Utama


Komentar

Support
Chat Support
Support Support
0 Support
Support
Chat Aktif0
Diarsipkan
Hapuskan chat?
Chat
Tidak ada chat yang sedang berlangsung
Mulai pencarian dan chat dengan penjual