Mobil123.com
Aplikasi Mobil123.com
Prediksi Harga Kendaraan Anda
4.4
33,336

Test Drive Wuling Alvez: SUV Kompak Murah Berlimpah Fitur, tapi...

Review

Test Drive Wuling Alvez: SUV Kompak Murah Berlimpah Fitur, tapi...

Wuling mengundang Mobil123.com bersama para rekan media lainnya untuk menjajal sport utility vehicle (SUV) kompak terbaru mereka, Wuling Alvez.

Dalam kegiatan media test drive bertajuk “All at Once Driving Experience”, Wuling menyediakan lima unit Alvez EX yang merupakan tipe tertinggi untuk 20 awak media.

Rute perjalanan test drive berawal dari Bandara Internasional Adi Soemarmo, Surakarta, lalu menuju Pracima West Park & Garden.

Kemudian melakukan perjalanan panjang sekitar 85 km ke selatan, menuju Pantai Selatan Jawa, tepatnya di Pantai Slili. Setelah itu, ke destinasi terakhir, yaitu Grand Ambarrukmo Yogyakarta.

Secara keseluruhan, total jarak perjalanan test drive Alvez di hari pertama hampir 170 km tanpa melewati jalan tol, sehingga mobil tidak pernah dipacu melewati 100 km per jam.

Lalu, bagaimana impresi Mobil123.com mengendarai SUV ini? Berikut ulasannya.

Review Pengalaman Berkendara Wuling Alvez

Dari segi tampilan luar, Alvez memang memiliki desain yang stylish, sesuai dengan selera anak muda yang menjadi target pasarnya.

Masuk ke dalam mobil, kabin terasa cukup luas dan lega. Material soft panel ditemukan di beberapa bagian seperti dasbor dan bagian pintu, memberikan kesan mewah dan nyaman.

Jok mobilnya dilapisi dengan bahan kulit sintetis. Namun, terasa keras saat di duduki, terutama di jok baris kedua.

Untuk penumpang baris belakang, ruang kaki terasa tidak sempit dan head space antara langit-langit mobil dengan kepala tidak mentok.

 

Soal fitur pada Alvez EX bisa dikatakan sangat berlimpah, ada keyless entry, engine start/stop button, electric parking brake, automatic vehicle holding, ADAS dan Wuling Indonesia Voice Command (WIND).

Fitur yang paling berkesan tentu saja WIND.

Fitur perintah suara berbahasa Indonesia khas Wuling ini membuat pengoperasian beberapa fungsi kendaraan menjadi lebih praktis.

Mulai dari menyalakan atau mematikan radio, AC, buka atau tutup jendela dan sunroof, dan sebagainya. Semuanya bisa dilakukan dengan terlebih dahulu mengucapkan “Halo, Wuling”.

Beralih ke pengalaman mengemudikan Wuling Alvez, bisa dibilang ada beberapa poin plus dan minus pada performa mobil ini.

Mesinnya terasa sedikit kurang responsif melayani pedal gas di putaran bawah. Sebaliknya, terasa responsif pada putaran atas.

Sebagai informasi, Alvez EX menggunakan mesin bensin 1.485 cc 4 silinder segaris, DVVT, DOHC, yang juga ditemukan pada model Formo Max.

Di atas kertas, mesin tersebut dapat menghasilkan tenaga 105 hp pada putaran 5.800 rpm, serta torsi maksimum 143 Nm di putaran 4.000 – 4.600 rpm.

Tenaga dikirimkan ke roda depan melalui transmisi otomatis CVT.

Beralih ke rem, SUV rakitan lokal ini menggunakan model cakram di depan dan belakang.

Pedal rem seperti kurang responsif, sehingga perlu diinjak lebih dalam agar mobil melambat.

Kemudian pada setir mobil terasa cukup enteng diputar, sehingga cocok untuk pengendara pemula. Meski begitu, grip setir pada sisi kiri dan kanannya terasa kurang nyaman.

Pindah ke suspensi, pada Alvez EX disematkan suspensi jenis McPherson Strut di bagian depan dan Torsion Beam di belakang.

Suspensi mobil sedikit keras, tapi masih memberikan kenyamanan ketika berkendara di jalan yang rata.

Sementara itu, di sektor hiburan, Alvez dilengkapi dengan head unit touchscreen berukuran 10,25 inci.

Pada head unit tersebut terdapat fitur pengaturan AC, radio, koneksi Bluetooth supaya bisa tersambung dengan handphone, serta sistem navigasi.

Untuk sistem pengaturan AC mobil bisa dibilang cukup mudah, pengendara dapat mengatur kecepatan kipas dan suhu AC dengan mudah.

Hal yang menjengkelkan adalah ketika mengatur volume suara audio secara langsung pada head unit. Pengendara perlu mencari cukup dalam ke pengaturan hanya untuk mengatur volume suara.

AC di baris belakang berada di konsol tengah, jadi penumpang baris belakang tetap sejuk. Tetapi, AC untuk baris belakang hanya tersedia satu kisi-kisi, sehingga hanya bisa diatur ke satu arah.

Kesimpulan

Wuling Alvez merupakan SUV kompak dengan harga yang lebih murah dibandingkan kompetitornya.

Untuk tipe tertingginya dibanderol Rp295 juta, sedangkan harga terendah Wuling Alvez Rp209 juta untuk tipe SE.

Dengan harga tersebut, pemilik mobil Alvez dapat menikmati berbagai macam fitur canggih seperti fitur ADAS, WIND, IoV, dan sebagainya.

Meski begitu, ada beberapa catatan yang perlu diketahui dari Alvez seperti pedal gas dan rem sedikit kurang responsif, suspensi sedikit lebih keras, serta beberapa hal minor lainnya.

Di luar itu semua, Wuling Alvez tetap bisa menjadi pilihan yang cocok untuk orang yang sedang mencari SUV murah dan bergaya, khususnya para warga perkotaan. [ABP/Ses]

>>>>> Klik link ini untuk melihat harga mobil baru <<<<<



Berita Utama


Komentar

app-icon
app-icon
app-icon
Lihat Mobil Impian Anda di Aplikasi
Unduh Aplikasi Sekarang