Test Drive Mitsubishi Pajero Sport Dakar 4x2

Review

Test Drive Mitsubishi Pajero Sport Dakar 4x2

DENPASAR - Sebuah Sport Utility Vehicle (SUV) masa kini tidak boleh hanya sekedar tangguh, tapi juga haruslah stylish, nyaman dan dilengkapi berbagai fitur terkini. Dan all-new Mitsubishi Pajero Sport adalah salah satu SUV yang memiliki semuanya.

Kepemilikan semua faktor tadi sangatlah jarang ditemui. Karena pasti biasanya sebuah pabrikan fokus mengembangkan beberapa sektor tapi meninggalkan sektor lain. Tapi Mitsubishi memilih untuk mengembangkan semua hal ketika hendak melahirkan all-new Pajero Sport.

Desain eksterior all-new Mitsubishi Pajero Sport tampak sangat modern dan stylish. Meski begitu, kemampuan Pajero Sport melibas segala medan tidaklah berkurang. 

Artikel bersambung dibawah

Dan menariknya, ketangguhan all-new Mitsubishi Pajero Sport menjelajah itu ditunjang dengan kenyamanan tinggi di kabinnya. Beragam fitur terkini juga sudah hadir. Ini semua menjadikan petualangan jadi semakin menyenangkan.

Beruntung kami bisa merasakan petualangan dengan all-new Mitsubishi Pajero Sport di pulau Dewata beberapa waktu lalu.

Eksterior Keren
Penyegaran yang dilakukan oleh Mitsubishi pada Pajero Sport cukup sukses. Tampilannya segar dan menyiratkan semangat perubahan.

Di bagian depan, all-new Mitsubishi Pajero Sport menghadirkan desain Dynamic Shield. Grille-nya melengkung sudah dilabur krom. Ini membuatnya tampak depan mobil Jepang ini bergaya.

Garis desain grille itu kemudian selaras dengan lampu utama all-new Mitsubishi Pajero Sport yang kini dihiasi dengan LED Headlamp with Daytime Running Lights (DRL) dan Headlamp Washer agar penerangan jadi optimal.

Mengalir ke samping, tampak sisi mobil ini cukup menggairahkan. Garis mendatar di atas dan bawah dikombinasikan dengan garis dinamis di bagian kaca samping membuatnya tampak bergerak. Tapi tidak semua orang bisa menangkap maksud Mitsubishi.

Sementara itu, roda baru dihadirkan untuk menopang mobil dengan dimensi 4.785x1.815x1.805 mm (PxLxT) tersebut.

Di bagian belakang, lampu LED Rear Combination hadir dengan desain unik atau kontroversial. Desainnya menjulur ke bawah tanpa menyentuh pintu bagasi. Beberapa orang mengatakan desain itu sekilas mirip dengan kumis seorang sifu. Banyak orang yang memandangnya seperti tongkat golf atau cangklong tembakau.

Interior Nyaman
Puas memandangi eksterior, kami pun masuk ke kabin Mitsubishi Pajero Sport 4x2 dijual dengan harga Rp 496 juta (on-the-road Jakarta) tersebut.

Sampai ke dalam, nuansa premium langsung terasa. Kabin dan dashboard mobil ini tampak sudah berubah. Aksen kayu di konsol berdesain 'T-Shape High Console' menambah kemewahan Mitsubishi Pajero Sport.

Kemewahan itu kemudian makin kuat terasa berkat balutan kulit di jok serta kesenyapan di kabin. Mengobrol atau mendengarkan musik dari sistem infotaiment yang sudah dilengkapi dengan navigasi dan Multi Around View Monitor jadi tak terganggu. Perjalanan pun jadi semakin bisa dinikmati.

Bisa dibilang, kenyamanan kabin all-new Mitsubishi Pajero Sport mendekati sebuah sedan.

Performa
Meski desain eksteriornya oke dan kabinya mengguratkan kenyamanan, jangan anggap enteng kemampuan mobil ini dalam berbagai situasi. Ketika di jalan datar, Pajero Sport Dakar 4x2 terasa responsif. Tak lemot seperti mobil  bertransmisi otomatis pada umumnya.

Ketika pedal gas diinjak, mesin 4N15 2.4L menampilkan kelasnya. Mesin MIVEC turbo dan intercooled itu mampu menyemburkan kekuatan sampai 181 PS, sudah lebih dari cukup untuk mengajaknya berlari. Transmisi 8-speed menjadi keunggulan tersendiri. Pertama di kelasnya, transmisi ini terasa smooth di setiap pergantian gigi.

Sementara gejala limbung ketika berbelok di kecepatan sedang memang masih ada, tapi masih dalam batas toleransi.

Tapi kekuatan utama Mitsubishi Pajero Sport Dakar 4x2 ada pada torsinya. Sebab meski hanya berkapasitas 2,442 cc, all-new Mitsubishi Pajero Sport memiliki torsi besar, mencapai 430 Nm. Menanjak atau bermanuver di medan offroad ringan jadi terasa mudah.

Kesimpulan
Bila mencari kombinasi antara modernitas eksterior, kemewahan interior, mesin berperforma tinggi dan kemampuan tangguh sebuah SUV maka all-new Mitsubishi Pajero Sport bisa menjadi pilihan. 

Salah satu keunggulan Mitsubishi Pajero Sport dibandingkan dengan Toyota Fortuner adalah pengaplikasian rem cakram belakang untuk Pajero Sport Dakar, sementara semua  varian Fortuner absen rem cakram belakang.

Fitur-fitur keselamatan lain dari Pajero Sport Dakar berupa dua airbag, ABS/EBD/BA, plus 2 kontrol (traksi, stabilitas), Hill Start Assist, serta Trailer Stability Assist.

Di samping desain eksteriornya memang kontroversional --namun urusan desain, lebih kepada selera-- all-new Mitsubishi Pajero Sport memberi jawaban lengkap untuk seluruh keinginan para pecinta SUV. [Syu/Idr]

Temukan mobil idaman di Mobil123
Mari bergabung bersama kami di Facebook dan Twitter



Syubhan Akib

Syubhan Akib

Pria berkacamata yang mencintai dunia otomotif dan sangat suka memandang mobil klasik serta mempelajari sejarah otomotif dunia. Kemacetan adalah sahabat, kecepatan adalah kesukaan dan liburan akhir pekan adalah impian.


Berita Utama


Komentar

Chat Aktif
Diarsipkan
Chat Bantuan
Hapuskan chat?
Chat Empty
Tidak ada chat yang sedang berlangsung
Mulai pencarian dan chat dengan penjual
Chat Bantuan
Support