Test Drive Grand New Xenia 1.5 Deluxe (Part 1)

Panduan Pembeli

Test Drive Grand New Xenia 1.5 Deluxe (Part 1)

SIBOLGA - Perangkat keselamatan terbaru Grand New Daihatsu Xenia "dipaksa" membuktikan ketangguhannya saat melakoni test drive bersama rekan media di Sibolga, Sumatera Utara.

Tahun ini, menjadi momen penting bagi PT Astra Daihatsu Motor (ADM) melanjutkan kembali kiprah Xenia di Indonesia. Apalagi, low MPV andalan mereka ini sudah eksis hingga usia 15 tahun. Agar tetap menjadi pilihan di Tanah Air, PT ADM pun merilis generasi terbaru Xenia.

Selain punya tampilan baru, Grand New Xenia juga kini punya varian bermesin 1.500 cc. Adanya opsi tertinggi itu diklaim menjadi jawaban atas keinginan konsumennya.

Tentu saja tidak terbatas pada penambahan kapasitas mesin semata, lantaran unit yang bisa ditemui pada Grand New Xenia 1.5 Deluxe itu sudah dilengkapi fitur keselamatan tambahan. Fitur tersebut adalah Anti Lock Brake System (ABS) dan Electronic Brakeforce Distribution (EBD).

Bisa jadi ini adalah salah satu alasan PT ADM mengajak rekan media dan Mobil123.com untuk menjajal Grand New Xenia di wilayah Sibolga. Jika melihat konturnya, kawasan ini dilengkapi dataran rendah dan tinggi. Pada pengujian hari pertama (11/2), kami terlebih dahulu memanjakan mata dengan pamandangan di pesisir Pantai Bosur.

Tapi, kondisi variatif mulai terasa saat rombongan yang semuanya menggunakan varian Xenia 1.5 Deluxe (AT dan MT) mengarungi rangkaian jalan berliku plus tanjakan.

Di sini lah Xenia menghadapi tantangan, terkait kinerja dari ABS dan EBD tadi. Kinerja ABS pasti dibutuhkan, utamanya ketika menemui jalan tanjakan-turunan dengan tikungan pendek seperti di pegunungan Sibolga ini.

Tak jarang pula pengereman mendadak terjadi untuk mengantisipasi kendaraan dari arah berlawanan karena jalan yang tidak terlalu lebar. Belum lagi, adanya sisa bebatuan atau tanah bekas longsoran. Namun, roda Grand new Xenia tak sekali pun mengunci.

Bahkan, di tengah perjalanan hujan sempat turun. Kondisi memang terkesan kurang menguntungkan karena menjadikan aspal berpadu lumpur basah. Namun, ini justru menjadi cara bagi Xenia untuk menjawab fungsionalitas EBD-nya.

Dengan teknologi pendukung ini, Daihatsu Xenia melalui bantuan ECU memberikan slip ratio sesuai kebutuhan pada keempat rodanya. Artinya, kendala slip dari salah satu roda tidak akan terjadi lantaran Grand New Xenia punya juga disemati EBD.

Seperti apa kelanjutan sesi test drive kami bersama Grand New Xenia? Tunggu ulasannya. [Ary/Ari]



Ary Dwinoviansyah

Ary Dwinoviansyah

Ary mulai bekerja sebagai seorang jurnalis otomotif sejak tahun 2008 dan sangat mencintai sepedamotor. Nonton MotoGP merupakan salah satu hobi untuk menghabiskan akhir pekannya. Dia juga memimpikan memiliki mobil Transformers.


Berita Utama


Komentar

Chat Aktif
Diarsipkan
Chat Bantuan
Hapuskan chat?
Chat Empty
Tidak ada chat yang sedang berlangsung
Mulai pencarian dan chat dengan penjual
Chat Bantuan
Support