Test Drive DFSK Glory 580, Modal Awal Tapaki Hari Kemenangan

Review

Test Drive DFSK Glory 580, Modal Awal Tapaki Hari Kemenangan

BANDUNG - DFSK Glory 580 memberikan respon positif dari sisi desain, kenyaman interior hingga feeling berkendaranya, meski demikian ada beberapa catatan yang menyertainya dan wajib untuk menjadi perhatian.

Mobil123.com berkesempatan ikut dalam media drive dan mencoba memberikan kesimpulan, setelah melakukan perjalanan bersama DFSK Glory 580. Memang jarak yang ditempuh tidak terlalu panjang mulai dari Stasiun Kereta Api Purwakarta, menuju Kota Bandung, Jawa Barat, namun memiliki kondisi beragam dan secara umum mampu mewakili karakteristik jalan di Indonesia. 

Ada beberapa impresi positif yang dapat dipetik dari SUV asal pabrikan China, diawali pada ruang interiornya. Mobil123.com mendapat kesempatan mencoba varian termahal DFSK Glory 580 Luxury Version 1.5 CVT. 

Ergonomika Kabin


Mobil123.com langsung mengambil posisi dibalik kemudi pada kesempatan pertama. Posisi duduk terbaik dapat langsung didapat dengan melakukan pengaturan manual pada kursi. Dan kemudian lapisan lingkar kemudi multifungsi berlapis kulit, berdesain elegan tampak bagai penyempurna interior mampu memberikan kesan tersendiri.

Fitur-fitur penunjang pengedaraan pun dengan mudah dioperasikan. Layar utama 10 inci menjadi sumber informasi, mulai dari sistem audio, navigasi hingga fitur Video Running Recorder (VRR) berguna untuk merekam kejadian saat berkendara dan akan berfungsi bak sebuah black box pesawat terbang.


Beralih ke baris kedua dan juga ketiga, sepertinya tidak sulit untuk mencari posisi terbaik. Khusus di baris kedua, penumpang leluasa bisa menempatkan tubuh dengan nyaman. Sementara baris ketiga, Anda bisa minta sedikit pengertian dengan penumpang baris kedua agar bisa mendapatkan posisi cukup nyaman.

Posisi ruang kabin sedemikian bisa didapat berkat wheelbase yang cukup panjang. Dan memang rata-rata produksi pabrikan China mengandalkan sisi ini, tentunya demi meningkatkan kenyamanan penumpangnya. 


Satu yang menjadi catatan adalah beratnya merebahkan kursi baris kedua, untuk akses keluar masuk penumpang baris ketiga. Sisi ini wajib diupgrade agar penumpang terutama wanita dan anak-anak tidak kesulitan untuk melakukan pelipatan kursi.

Respon Mesin dan Pengendalian

Satu hal yang kerap masuk ke meja redaksi Mobil123.com adalah soal respon mesin dari DFSK Glory 580. Melintasi jalan tol Purwakarta - Cipularang, Mobil123.com mencoba mengeksplorasinya dengan membangun berapa tingkat kecepatan, menyesuaikan kondisi jalan yang didominasi tanjakan-tanjakan panjang.

Modal mesin 1.5 liter plus turbo menyalurkan tenaga 150 hp dan torsi 220 Nm ke roda depan, dirasa cukup untuk melarikan bobot mobil yang mencapai 2 ton ini. Memang, kolaborasi mesin dengan transmisi CVT tidak seresponsif milik kompetitornya Honda CR-V yang memiliki tenaga lebih besar 190 hp.

Pada posisi D dan menghadapi jalan menanjak, respon mesin serta transmisi kadang seperti kurang sinkron, pedal gas sudah diinjak dalam tapi laju kendaraan seperti kurang bertenaga. Jika Anda telat memanfaatkan momentum putaran mesin, sering kali akan kesulitan untuk melewati tanjakan atau kendaraan di depannya.

Pada kesempatan ini, Mobil123.com mencoba mengatasi kebuntuan dengan menggunakan mode transmisi manual. Kunci utamanya menyelaraskan putaran mesin dengan perpindahan gear, laju kendaraan menjadi jauh lebih baik. Anda bakal lebih pede untuk melakukan akselerasi juga manuver. Kecepatan juga bisa ditata atau dibangun dengan baik berikut kontrol kendaraannya. 

Dari sisi stabilitas, rasanya tak salah jika kita beri sedikit pujian. Tergolong cukup mudah melakukan kendali dalam beragam kondisi, apalagi ditunjang dengan fitur Electronic Stability Program (ESP) yang terus siaga mengimbangi gerak kendaraan.

Pendek kata, DFSK Glory 580 tergolong mantap untuk dipacu di jalan bebas hambatan dan cukup nyaman saat digunakan di jalan tidak rata. Gejala negatif pengendaraan seperti bodyroll terasa minim terjadi.  

Kesimpulan


Secara umum, DFSK Glory 580 memiliki modal yang cukup untuk menjadi salah satu kuda hitam di kelas SUV. Meski demikian memang masih terdapat beberapa kekurangan yang wajib disempurnakan agar memiliki performa lebih baik, seperti contohnya pengoperasian pelipatan jok baris kedua dan tenaga mesin.

Dan sejatinya, khusus produk otomotif asal China, ada sebuah "tembok raksasa" yang harus dilewati atau dihancurkan yakni pertanyaan soal kualitas terutama berhubungan dengan daya tahan. Ini PR besar yang tentunya butuh pembuktian. Trauma konsumen Indonesia soal kualitas produk otomotif China memang sudah mencapai titik terparah.

DFSK sendiri memberikan satu jaminan yang tidak main-main yakni garansi hingga 7 tahun. Ini adalah salah satu jawaban untuk membayar keraguan, "resiko Anda menjadi tanggungan DFSK". 

Tak hanya itu, DFSK juga sedang gencar membangun jaringan aftersales, sudah terdapat di 40 titik dan akan ditambah 10 titik tahun ini. Tak ketinggalan adalah untuk terus memberi kesempatan para potential buyers melakukan ujicoba dan ini tentunya menjadi nilai tambah disamping kualitas produk dan harga lebih terjangkau dibandingkan kompetitornya.

Akhirnya, modal awal untuk mencapai hari kemenangan sudah dimiliki DFSK Glory 580, hasilnya? waktu jua yang akan menjawabnya. [Ari]



Krisna Arie

Krisna Arie

Senang semua benda bermesin dan beroda sejak duduk di bangku sekolah dan memulai bekerja di media dengan segmen otomotif sejak tahun 2002. Pria sederhana ini selalu percaya pekerjaan akan lebih sempurna jika didasari dengan passion.


Berita Utama


Komentar

Support
Chat Support
Support Support
0 Support
Support
Chat Aktif0
Diarsipkan
Hapuskan chat?
Chat
Tidak ada chat yang sedang berlangsung
Mulai pencarian dan chat dengan penjual