Terungkap Penyebab Kejadian Kocak Mobil Balap Otomatis Tabrak Dinding Pembatas

Berita Otomotif

Terungkap Penyebab Kejadian Kocak Mobil Balap Otomatis Tabrak Dinding Pembatas

HAMPSHIRE - Para insinyur dari Roborace yang menabrak dinding saat start ungkap penyebab kejadian kocak pada Kamis (29/10/20) lalu.

Seperti yang sudah Mobil123.com beritakan sebelumnya, kejadian ini terjadi di Thruxton Circuit Hampshire, Inggris. Dalam cuplikan video tampak Roborace dari tim SIT Acronis Autonomous langsung menghantam tembok sesaat setelah melakukan start.

Mobil balap otomatis berwarna putih merah ini tiba-tiba langsung berbelok ke kanan dan meluncur cukup kencang ke arah tembok pembatas. Roborace ini  terlihat mengalami kerusakan cukup parah di bagian depan.

Menjawab insiden ini, insinyur tim SIT Acronis Autonomous memberikan kronologis kejadian mengapa hal tersebut bisa terjadi. 

Awal masalah muncul ketika seorang pengemudi (manusia) mengawali putaran inisasi sebelum membawanya ke garis start. Setelah pengemudi keluar mobil, ternyata terjadi error yang menyebabkan kemudi terkunci dalam kondisi stir berbelok ke arah kanan.

Terungkap Penyebab Kejadian Kocak Mobil Balap Otomatis Tabrak Dinding Pembatas
"Ketika mobil beroperasi otomatis, saat perintah berjalan dengan prosedur seperti biasa terjadi namun kemudi ternyata terkunci berbelok ke kanan. Sejatinya secara otomatis kemudi mengarah ke arah kiri (berlawanan dengan dinding pembatas) tapi sayang kemudi error terkunci ke kanan," jelas tim insinyur SIT Acronis Autonomous.

Atas kejadian ini para insinyur tentu mengambil langkah-langkah perbaikan. Terutama mencoba mengidentifikasi adanya lonjakkan singkat pada input ke pengotrol.

Namun, meski para insinyur atau teknisi sudah melakukan perbaikan, Roborace ini tetap harus dikembalikan ke pabrik untuk diperbaiki. 

Secara umum boleh dibilang balap robotik dengan skala besar ini masih memiliki banyak pekerjaan rumah. Ternyata memprogram mobil bergerak secara otomatis di sirkuit tidak lebih mudah jika dibandingkan di jalan raya.

Karena di sirkuit, meski tanpa persimpangan atau lampu lalu lintas serta kesibukan lain di jalan pada umumnya, nyatanya juga punya dinamika tersendiri. Apalagi Roborace dituntut harus kompetitif, melaju dengan kecepatan tinggi dan bergerak melawan pesaing-pesaingnya di lintasan.

Kejadian ini sendiri bukan yang pertama. Beberapa waktu lalu mobil dari Autonomous Racing Graz punya masalah pada posisi alias mengalami disorientasi yang membuatnya "tersesat" di lintasan saat diuji balapan. Roborace ini langsung mempersingkat balap secara otomatis saat lomba sedang berlangsung.

Kejadian-kejadian ini tentu memotivasi pada teknisi dari berbagai tim Roborace untuk menyempurnakan algoritma dari Artificial intelligence (AI) mobil balapnya. Target pertama tentu harus bisa membuat Roborace yang digerakan oleh motor listrik ini melaju cepat tanpa hambatan apalagi hingga membuat kru di pit bingung atau gugup. [Ari]



Krisna Arie

Krisna Arie

Senang semua benda bermesin dan beroda sejak duduk di bangku sekolah dan memulai bekerja di media dengan segmen otomotif sejak tahun 2002. Pria sederhana ini selalu percaya pekerjaan akan lebih sempurna jika didasari dengan passion.


Berita Utama


Komentar