Mobil123.com
Aplikasi Mobil123.com
Prediksi Harga Kendaraan Anda
4.4
33,336

Kocak, Mobil Balap Otomatis Langsung Tabrak Dinding Pembatas Saat Start

Berita Otomotif

Kocak, Mobil Balap Otomatis Langsung Tabrak Dinding Pembatas Saat Start

HAMPSHIRE - 1 unit Roborace atau mobil balap otomatis (autonomous) langsung bergerak menabrak dinding pembatas saat melakukan start.

Kejadian kocak ini terjadi di Thruxton Circuit yang berada di Hampshire, Inggris. Dalam cuplikan video tampak Roborace dari tim SIT Acronis Autonomous langsung menghantam tembok sesaat setelah melakukan start.

Mobil balap otomatis berwarna putih merah ini tiba-tiba langsung berbelok ke kanan dan meluncur cukup kencang ke arah tembok pembatas. Roborace ini  terlihat mengalami kerusakan cukup parah di bagian depan.

Sampai berita ini dibuat, belum ada keterangan soal penyebab terjadinya kecelakaan. Yang jelas ini bukan kesalahan dari kondisi lintasan, karena memang saat itu cuaca cukup baik, tidak hujan dan Roborace sama sekali belum melewati tikungan di sirkuit yang memiliki panjang lintasan 3.7 km. 

 

Apalagi saat itu terjadi tidak benar-benar sedang balapan melawan mobil lainnya pada waktu bersamaan. Benar-benar diam tepat di garis start, bergerak dan menabrak, terjadi dalam 2 detik setelah bergerak. Jadi benar-benar murni kerusakan sistem atau program.

Secara umum boleh dibilang balap robotik dengan skala besar ini masih memiliki banyak pekerjaan rumah. Ternyata memprogram mobil bergerak secara otomatis di sirkuit tidak lebih mudah jika dibandingkan di jalan raya.

Karena di sirkuit, meski tanpa persimpangan atau lampu lalu lintas serta kesibukan lain di jalan pada umumnya, nyatanya juga punya dinamika tersendiri. Apalagi Roborace dituntut harus kompetitif, melaju dengan kecepatan tinggi dan bergerak melawan pesaing-pesaingnya di lintasan.

Kejadian ini sendiri bukan yang pertama. Beberapa waktu lalu mobil dari Autonomous Racing Graz punya masalah pada posisi alias mengalami disorientasi yang membuatnya "tersesat" di lintasan saat diuji balapan. Roborace ini langsung mempersingkat balap secara otomatis saat lomba sedang berlangsung.

Kejadian-kejadian ini tentu memotivasi pada teknisi dari berbagai tim Roborace untuk menyempurnakan algoritma dari Artificial intelligence (AI) mobil balapnya. Target pertama tentu harus bisa membuat Roborace yang digerakan oleh motor listrik ini melaju cepat tanpa hambatan apalagi hingga membuat kru di pit bingung atau gugup. [Ari]



Krisna Arie

Krisna Arie

Editor

Senang semua benda bermesin dan beroda sejak duduk di bangku sekolah dan memulai bekerja di media dengan segmen otomotif sejak tahun 2002. Pria sederhana ini selalu percaya pekerjaan akan lebih sempurna jika didasari dengan passion.


Berita Utama


Komentar

app-icon
app-icon
app-icon
Lihat Mobil Impian Anda di Aplikasi
Unduh Aplikasi Sekarang