Mobil123.com
Aplikasi Mobil123.com
Prediksi Harga Kendaraan Anda
4.4
33,336

Terkonfirmasi! Mobil Listrik Toyota bZ4X Pasti ke Indonesia

Berita Otomotif

Terkonfirmasi! Mobil Listrik Toyota bZ4X Pasti ke Indonesia

JAKARTA - Toyota mengungkap rencana menghadirkan mobil listrik bZ4X di Indonesia.

Kedatangan mobil listrik murni pertama Toyota tersebut, menurut Direktur Pemasaran PT. Toyota Astra Motor (TAM) Anton Jimmi Suwandy, terkait dengan penggunaannya di Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) G20 di Tanah Air pada 2022. Ada sekitar 140 unit yang akan dipakai oleh para delegasi dari negara-negara peserta.

“(bZ4X) saat ini telah disetujui menjadi bagian dari kendaraan resmi G20. Jumlahnya 143 unit,” ucap dia dalam konferensi pers virtual pada Jumat (1/4/2022).

Indonesia memegang presidensi G20 selama satu tahun, sejak 1 Desember 2021. Acara puncaknya adalah KTT G20 di Bali pada 15 Oktober hingga 16 Oktober mendatang di Nusa Dua, Bali.

Ada dua mobil listrik yang sejauh ini diketahui menjadi mobil listrik G20. Selain bZ4X, ada sedan G80 Electrified dari Genesis--merek premium dari grup Hyundai.

Anton, ketika ditemui di sela-sela Jakarta Auto Week 2022 pada pertengahan Maret kemarin, sempat mengatakan bahwa Toyota juga sedang serius mempelajari kemungkinan meluncurkan bZ4X di Indonesia.

Dalam konferensi pers virtual awal April, ia masih belum bisa memberitahukan perkembangannya.

“Pada saat ini yang bisa saya konfirmasi baru mengenai bZ4X akan datang ke Indonesia dan event yang kami akan dukung adalah G20,” tandasnya.

“Mengenai yang lain, kami masih bicarakan kapan, detailnya, cara menjualnya. Tunggu saja, nanti akan kami informasikan,” lanjut dia merespons pertanyaan wartawan terkait potensi peluncuran SUV listrik yang berbagi platform dengan Subaru Solterra ini.

bZ4X menjalani debut global pada akhir tahun lalu, tepatnya pada 29 Oktober. SUV berdesain futuristik ini dibuat di atas platform e-Toyota New Global Architecture (e-TNGA) yang memang dikembangkan khusus untuk mobil listrik.

Jarak tempuhnya terbilang jauh untuk mobil listrik murni di era kekinian yaitu 500 km.

Toyota menyediakan opsi sistem penggerak roda depan (front wheel drive/FWD) dengan satu motor listrik maupun sistem penggerak empat roda (all wheel drive/AWD) dengan dua motor listrik.

Pengisian daya baterai dari 0 persen hingga 80 persen dapat dilakukan dalam 30 menit dengan sistem pengecasan cepat (fast charging). [Xan]



Berita Utama


Komentar

app-icon
app-icon
app-icon
Lihat Mobil Impian Anda di Aplikasi
Unduh Aplikasi Sekarang