Mobil123.com
Aplikasi Mobil123.com
Prediksi Harga Kendaraan Anda
4.4
33,336

Siap-siap, Mobil Listrik Toyota bZ4X Mungkin akan Meluncur di Indonesia

Berita Otomotif

Siap-siap, Mobil Listrik Toyota bZ4X Mungkin akan Meluncur di Indonesia

JAKARTA - Toyota mengakui sedang mempelajari peluang menghadirkan dan menjual mobil listrik bZ4X di Indonesia.

bZ4X merupakan mobil listrik murni (battery electric vehicle/BEV) terbaru Toyota yang meluncur pada Oktober 2021. Kalau bicara Asia Tenggara, negara yang telah mengumumkan akan menghadirkannya adalah Thailand.

Bahkan, ‘Negeri Gajah Putih’ memastikan peluncurannya terjadi pada 2022.

Agen pemegang merek Toyota di Indonesia ternyata juga melirik sport utility vehicle (SUV) nihil emisi gas buang yang berbagi platform dengan Subaru Solterra ini. Mereka mengaku sedang pula mempelajari potensinya untuk pasar Tanah Air.

“Indonesia lagi studi serius juga. Nanti, kami informasikan kalau sudah lebih jelas,” ucap Direktur Pemasaran PT Toyota Astra Motor (TAM) Anton Jimmi Suwandy di sela-sela Jakarta Auto Week 2022, Sabtu (12/3/2022).

Berdasarkan penelusuran Mobil123.com dari berbagai sumber, bZ4X dibangun di atas platform e-Toyota New Global Architecture (e-TNGA).

Secara dimensi, model ini memiliki panjang, lebar, maupun tinggi masing-masing 4.690 mm, 1.860 mm, 1.650 mm. Sementara itu, wheelbase alias jarak sumbu rodanya 2.850 mm.

Dari aspek sistem penggerak, bZ4X terdiri dari dua opsi. Ada sistem penggerak roda depan (front wheel drive/FWD) dengan satu motor listrik serta sistem penggerak semua roda (all wheel drive/AWD) dengan dua motor listrik.

Mengandalkan suplai energi dari baterai lithium-ion 355 Volt berkapasitas 71,4 kWh, bZ4X FWD diperkirakan memiliki jarak tempuh maksimal sekitar 500 km. Adapun jarak tempuh bZ4X AWD ada di kisaran 460 km.

Toyota membenamkan sistem pengecasan cepat (fast charging) dengan kemampuan pengisian energi 80 persen dalam 30 menit.

Isu yang beredar saat ini, bZ4X pun akan digunakan sebagai salah satu kendaraan resmi dalam ajang G20 di Indonesia. Namun, Toyota menolak mengomentarinya.

“Dari pihak TAM masih bicara dengan pemerintah khususnya Sekretariat Negara dan departemen terkait. Jadi, kalau menurut saya, lebih pantas dari pemerintah yang menyampaikan karena kami, kan, lebih banyak kepada sisi penyedia fasilitas sedangkan G20 adalah event yang dilakukan pemerintah,” papar Anton.

Meski demikian, dia mengakui kalau ada produk elektrifikasi Toyota yang akan menyokong ajang penting tersebut.

“Pemerintah sudah meminta support (dukungan) dari kami dan kami sudah menyatakan pasti akan support,” tegas Anton. [Xan/Ses]

>>>>> Klik link ini untuk melihat harga mobil baru <<<<<



Berita Utama


Komentar

app-icon
app-icon
app-icon
Lihat Mobil Impian Anda di Aplikasi
Unduh Aplikasi Sekarang