Tanda Mobil Bekas Korban Banjir (2)

Panduan Pembeli

Tanda Mobil Bekas Korban Banjir (2)

JAKARTA – Dibutuhkan ketelitian untuk mengetahui mobil bekas korban banjir. Setelah soal domisili, selanjutnya adalah melakukan inspeksi pada bagian eksterior.

Sepintas lalu mungkin tidak ada ciri-ciri yang membedakan antara mobil normal dengan mobil korban banjir. Terlebih jika sang pemilik sudah melakukan pertolongan pertama seperti memasukkannya ke salon mobil. Tampilan mobil akan kinclong tentunya.

Namun demikian biasanya ada beberapa bagian yang luput dari tangan-tangan lihai si tukang poles. Disini perhatian Anda dibutuhkan, kuncinya harus lebih teliti. Cermati betul garis-garis bekas air atau endapan lumpur hingga uap air.

Inspeksi Pertama


Cermati dengan seksama lampu-lampu pada mobil, baik depan maupun belakang. Perhatikan apakah terdapat sisa-sisa uap air di balik permukaan mika lampu sebelah dalam.

Fokuskan perhatian pada batok lampu bagian depan juga belakang. Jika kondisi lampu masih bagus, tidak pecah namun terlihat mengembun, Anda patut mencurigainya.

Inspeksi Kedua


Buka pintu kendaraan dan fokuskan perhatian pada celah-celah pintu. Dengan kondisi yang agak terjepit seperti pada engsel pintu bagian depan, posisinya nyaris sulit untuk digapai dengan tangan apalagi alat poles.

Jika mobil tersebut terdampak banjir, biasanya terlihat garis-garis berwarna kuning dan meninggalkan jamur yang luput untuk dibersihkan. Posisi yang tergolong sulit ini biasanya membuat noda susah untuk dihilangkan kecuali dilakukan pengecatan. Demikian pula pada bagian engsel pintunya.

Inspeksi Ketiga


 Anda bisa langsung memeriksa bagian belakang atau bagasi jika melihat kendaraan jenis sedan. Kondisi yang sama dengan pintu biasaya terdapat pada bagian bagasi.

Jangan lupa untuk memeriksa tempat penyimpanan roda cadangan. Karena letaknya tertutup biasanya bagian ini luput untuk dibersihkan secara benar.

Anda juga harus mewaspadai spot-spot tanda timbulnya karat. Lakukan pemerikasaan dengan seksama agar Anda tidak menyesal kemudian hari. (bersambung : Tanda Mobil Bekas Korban Banjir (3)) (Ari)

Temukan mobil idaman di Mobil123
Mari bergabung bersama kami di Facebook dan Twitter



Krisna Arie

Krisna Arie

Senang semua benda bermesin dan beroda sejak duduk di bangku sekolah dan memulai bekerja di media dengan segmen otomotif sejak tahun 2002. Pria sederhana ini selalu percaya pekerjaan akan lebih sempurna jika didasari dengan passion.


Berita Utama


Komentar

Support
Chat Support
Support Support
0 Support
Support
Chat Aktif0
Diarsipkan
Hapuskan chat?
Chat
Tidak ada chat yang sedang berlangsung
Mulai pencarian dan chat dengan penjual