Tanda Mobil Bekas Korban Banjir (3)

Panduan Pembeli

Tanda Mobil Bekas Korban Banjir (3)

JAKARTA – Setelah ekterior, lakukan inspeksi pada bagian interior. Ada beberapa posisi yang harus mendapat perhatian ekstra.

 

Interior terkena banjir adalah mimpi buruk. Membutuhkan effort besar untuk membuat kondisi kabin akan baik seperti sedia kala. Jadi tidak semua pemilik kendaraan korban banjir bisa membersihkan kabin mobilnya dengan baik.

Untuk mendeteksi hal ini, ada beberapa poin yang bisa Anda lakukan dan caranya cukup sederhana.

Rasakan Suasana Kabin
Material kabin didominasi oleh bahan baik sintetis atau kulit, busa dan beludru butuh proses panjang untuk membersihkan dan membuatnya benar-benar kering. Meski sudah terlihat dan terasa kering, sejatinya masih terdapat kandungan air pada bahan-bahan tersebut.

Jika kondisi ini terjadi, Anda masih bisa merasakan suasana lembab di kabin. Dan biasanya juga akan muncul bau yang kurang sedap jika Anda merasakannya lebih dalam.

Perhatikan Kondisi Karpet Dasar
Identifikasi bisa Anda lanjutkan dengan mencermati kondisi karpet dasar. Anda patut curiga saat melihat kondisi beludru-nya sudah agak kasar padahal usia mobil masih di bawah 10 tahun.

Karena praktis jarang sekali bagian ini dicopot dan dicuci terkecuali terjadi sesuatu yang luar biasa, seperti pengecatan seluruh bodi, kebanjiran atau kecelakaan. Bahan beludru biasanya memiliki tekstur lembut dan halus. Akan berubah menjadi agak kasar dan kaku setelah terkena endapan lumpur dan dilakukan pencucian.

Jika Anda menemukan kondisi seperti ini tak ada salahnya untuk sekalian sedikit mengintip lantai mobil dengan mengangkat karpet dasar. Waspadai noda kuning sisa air dan lumpur, biasanya tersisa pada lantai mobil. Jika mememungkinkan perhatikan juga jalur wire harness yang biasanya juga tampak menguning.

Cermati Bagian Dasbor dan Panel Instrumen.
Bagian dasbor terdapat bagian-bagian yang finishing-nya dilakukan dengan cara pengeleman. Jika terendam apalagi dalam waktu cukup lama akan tampak bagian-bagian yang menggelembung atau terangkat bahkan terkupas

Hal ini terjadi akibat hilangnya daya rekat lem karena terkena air. Sebisa mungkin Anda cek atau sisir setiap bagian pada dasbor. Cek juga apakah ada bekas garis air dan endapan lumpur yang bisa saja masih tersisa.

Untuk panel-panel instrumen sebaiknya Anda coba mengoperasikan satu per satu, pastikan kondisinya. Waspadai jika ada yang tidak berfungsi dengan benar. (bersambung : Tanda Mobil Bekas Korban Banjir (4)) (Ari)

Temukan mobil idaman di Mobil123
Mari bergabung bersama kami di Facebook dan Twitter



Krisna Arie

Krisna Arie

Senang semua benda bermesin dan beroda sejak duduk di bangku sekolah dan memulai bekerja di media dengan segmen otomotif sejak tahun 2002. Pria sederhana ini selalu percaya pekerjaan akan lebih sempurna jika didasari dengan passion.


Berita Utama


Komentar

Support
Chat Support
Support Support
0 Support
Support
Chat Aktif0
Diarsipkan
Hapuskan chat?
Chat
Tidak ada chat yang sedang berlangsung
Mulai pencarian dan chat dengan penjual