Tampil di Tokyo Motor Show, Mobil Ini Punya Airbag untuk Eksterior

Berita Otomotif

Tampil di Tokyo Motor Show, Mobil Ini Punya Airbag untuk Eksterior

TOKYO - Teknologi keselamatan semakin hari semakin berkembang. Perkembangan tersebut pun juga sudah ditampilkan di ajang Tokyo Motor Show 2017.

Sebuah mobil konsep menarik dibawa oleh Toyoda Gosei.co, manufaktur parts otomotif yang terbuat dari karet dan plastik serea LED. Menarik karena mobil konsep tersebut dibalut oleh karet empuk yang bisa menyerap benturan saat terjadi kecelaaan. Mobil konsep tersebut diberi nama Flesby II ultra-compact vehicle.

Toyoda Gosei pun mengaku bahwa ide ini sebenarnya sudah ada sejak 2013 lalu namun bisa diwujudkan tahun ini. Namun, untuk melihat mobil ini ada di jalanan umum mungkin masih membutuhkan waktu lebih lama.

“Kami meletakkan airbag, yang biasanya dipasangkan di interior mobil, tapi ini di eksterior seperti pada kap mobil dan fender untuk melindingi bodi mobil secara keseluruhan. Ketika terjadi kontak dengan pejalan kaki, bodi yang lembut akan menyerap benturan tersebut. Sehingga tidak melukai pejalan kaki,” ungkap  Takashi Ishikawa, managing officer of Toyoda Gosei Co.

Ia pun menambahkan bahwa mobil ini mampu bergerak dengan menggunakan tenaga listrik dan mengubah tampilan eksteriornya. Lampu LED yang diproyeksikan ke karet juga memungkinkan pengemudi untuk berkomunikasi dengan pejalan kaki dan kendaraan lain.

Tak hanya eksterior, interior mobil pun dibuat sedemikian rupa agar terasa empuk dan nyaris tidak ada bagian keras yang dapat melukai penumpang. Dengan demikian, tingkat keselamatan untuk penumpang juga cukup terjamin

Meski masih konsep namun ide ini mungkin bisa menyelamatkan banyak nyawa di masa depan. Dengan perkembangan waktu, bukan tidak mungkin desainnya juga akan dibuat menjadi lebih menarik ketimbang saat ini. [Adi/Ari]



Adi Hidayat

Adi Hidayat

Pria lugu yang tinggal di Bekasi ini kerap menghadapi kemacetan Jakarta untuk memberikan informasi terkini terkait dunia otomotif Indonesia. Menghirup asap knalpot, merasakan teriknya panas matahari, menerabas hujan hingga menembus kepungan banjir pun telah menjadi bagian dari hidupnya. Meski demikian ia menjalaninya dengan penuh ketabahan dan kesabaran.


Berita Utama


Komentar

Support
Chat Support
Support Support
0 Support
Support
Chat Aktif0
Diarsipkan
Hapuskan chat?
Chat
Tidak ada chat yang sedang berlangsung
Mulai pencarian dan chat dengan penjual