Mobil123.com
Aplikasi Mobil123.com
Prediksi Harga Kendaraan Anda
4.4
33,336

Tak Lama Lagi, Rencana Motor Listrik Honda di Indonesia bakal Diungkap!

Berita Otomotif

Tak Lama Lagi, Rencana Motor Listrik Honda di Indonesia bakal Diungkap!

JAKARTA – Honda dalam waktu dekat berencana mengumumkan peta jalan (roadmap) sepeda motor listrik di Indonesia.

President Director PT. Astra Honda Motor (AHM) Keiichi Yasuda, melalui keterangan resmi pada Selasa (13/9/2022), menilai tren kendaraan listrik di Indonesia semakin menguat. Pengurangan emisi karbon dioksida (CO2) pun menjadi salah satu misi Honda.

Sebagai informasi, mulai 2040-an, Honda Motor Corporation mencanangkan netralitas karbon untuk pasar mereka di seluruh dunia, untuk mobil maupun sepeda motor.

Komitmen elektrifikasi ‘kuda besi’ Honda di Indonesia sendiri diawali dengan meluncurkan plus memproduksi Honda PCX Electric di Sunter, Jakarta sejak 2019 untuk konsumen korporasi.

Yasuda menjelaskan AHM telah melakukan riset dan pengembangan untuk motor listrik beserta infrastruktur pendukungnya dengan berbagai pihak. Pada 2022 yang tinggal tersisa beberapa bulan lagi, pihaknya siap membeberkan rencana Honda di Tanah Air terkait motor listrik.

“Paling lambat akhir tahun ini, kami akan menginformasikan strategi dan roadmap bisnis sepeda motor listrik Honda di Indonesia,” ungkap dia.

Langkah Honda tersebut berkaitan dengan keinginan pemerintah mengakselerasi pasar maupun industri kendaraan listrik di negeri ini dengan beragam insentif. Dasar hukum untuk kebijakan itu, Peraturan Presiden Nomor 55 Tahun 2019, sudah diterbitkan oleh Presiden Joko Widodo.

Menurut Executive Vice President Director AHM Johannes Loman, peta jalan yang diumumkan nanti berisi rencana plus langkah strategis mereka perihal motor listrik.

Selama proses persiapan, Honda mempersiapkan jaringan bisnis dan ekosistemnya agar dapat memberikan pelayanan yang paling sesuai untuk era kendaraan listrik di masa mendatang.

“Kami ingin dapat segera memberikan sepeda motor listrik berkualitas, aman buat konsumen, dan dukungan layanan purnajual terbaik seperti yang telah kami implementasikan selama ini dalam menemani masyarakat mewujudkan mimpi mereka melalui sepeda motor berbahan bakar,” pungkas Loman.

Pihak-pihak yang menjalankan studi kolaborasi dengan AHM antara lain ialah PT. HPP Energy Indonesia (HEIN). Keduanya bekerja sama dalam pengadaan infrastruktur pertukaran baterai.

Berbagai korporasi serta institusi juga ditawarkan untuk menyewa PCX Electric, dalam skema business to business (B2B). Mereka yang merental skutik nihil emisi gas buang itu, misalnya saja, ialah Grab, Gojek, Kementerian Perhubungan, Kementerian Perindustrian, dan beberapa perusahaan lain. [Xan/Ses]



Berita Utama


Komentar

app-icon
app-icon
app-icon
Lihat Mobil Impian Anda di Aplikasi
Unduh Aplikasi Sekarang