Honda Tanggapi Strategi Diskon Langsung Suzuki XL7

Berita Otomotif

Honda Tanggapi Strategi Diskon Langsung Suzuki XL7

JAKARTA – Honda merespons strategi Suzuki yang langsung memberikan diskon belasan juta rupiah bagi XL7, pesaing BR-V, setelah meluncur di Indonesia. Honda mengaku hal seperti ini bukan strategi mereka.

Seperti diketahui, XL7 merupakan pendatang baru di segmen low sport utility vehicle (LSUV) yang diisi model-model seperti Honda BR-V, Toyota Rush, Daihatsu Terios, serta Dongfeng Sokon (DFSK) Glory 560. Meluncur pada 15 Februari 2020, XL7 langsung dipasarkan dengan potongan harga Rp 15 juta.

Ini membuat harga XL7 yang berkisar dari Rp 230 – 267 juta on-the-road Jakarta menjadi lebih rendah lagi. XL7 sendiri saat ini merupakan LSUV termurah kedua di Indonesia, setelah Glory 560.

Honda sebagai salah satu pemain lama di segmen tersebut menanggapi taktik Suzuki. Menurut dia, langsung menebar diskon di awal peluncuran produk baru bukanlah strategi mereka.

“Kalau Honda, sih, tidak begitu, ya. Sampai saat ini kami tidak pernah begitu,” ucap Yusak Billy selaku Business Innovation, Sales, and Marketing PT. Honda Prospect Motor (HPM) di sela-sela test drive Civic hatchback RS pada Rabu (19/2/2020) di Jakarta.

Meski demikian, Honda mengaku tidak pernah menganggap sepele para pesaing mereka. Mereka akan terus memonitor para kompetitor di berbagai segmen, termasuk XL7 di LSUV.

“Kami memonitor terus, enggak pernah anggap sepele. Kebutuhan konsumen seperti apa, kami lihat terus,” tandasnya.

BR-V pertama kali mengaspal di Nusantara pada 2015, memanfaatkan ajang Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) pada Agustus. Namun, penjualannya baru dimulai pada Januari 2016.

Setelah itu, Honda menyegarkan model BR-V dua kali yakni pada 2018 serta 2019. Namun, hingga awal 2020, SUV dengan platform yang sama dengan Honda Brio maupun Mobilio belum mendapatkan perubahan model signifikan.

Di sisi lain, para penantang terus berbenah dengan merilis model generasi anyar atau bahkan bertambah dari merek-merek lain. Persaingan menjadi makin kompetitif.

BR-V dipasarkan dalam empat tipe. Adapun rincian tipe beserta harga on-the-road Jakartanya adalah SMT (Rp 248,9 juta), E MT (Rp 264,2 juta), E CVT Rp 274, 4 juta, Prestige (Rp 291,3 juta). [Xan/Ari]



Insan Akbar Krisnamusi

Insan Akbar Krisnamusi

Insan mulai menjadi jurnalis pada 2011 di Harian Umum Media Indonesia, kemudian di Suara.com (2016 - 2018), hingga akhirnya resmi bergabung ke Mobil123.com sejak Februari 2018. Ia menyelami dunia otomotif sejak 2012 dan paling tertarik dengan isu-isu industri.


Berita Utama


Komentar

Chat Aktif
Diarsipkan
Bantuan

Kami akan membantu Anda

klik tombol "Bantuan" untuk berbicara dengan Customer Care kami.
Hapuskan chat?
Chat Empty
Tidak ada chat yang sedang berlangsung
Mulai pencarian dan chat dengan penjual
Bantuan

Kami akan membantu Anda

klik tombol "Bantuan" untuk berbicara dengan Customer Care kami.
Support