Suzuki Sidekick Bekas, Desain Ganteng Harga Murah

Mobil Bekas

Suzuki Sidekick Bekas, Desain Ganteng Harga Murah

Suzuki Sidekick bekas bisa menjadi salah satu pilihan bagi Anda yang tengah mencari mobil Sport Utility Vehicle (SUV) lawas berharga murah.

Pada era 1990-an, kendaraan jenis SUV di Indonesia masih belum sejaya seperti sekarang.

Kendaraan di era tersebut lebih banyak dikuasai oleh Multi Purpose Vehicle (MPV) yang diberi nama beragam jenis hewan. Sebut saja satu di antaranya Toyota Kijang yang hingga saat ini masih menjadi salah satu tulang punggung penjualan Toyota.

Namun, bukan berarti pada era tersebut tidak ada SUV yang bisa dipilih oleh masyarakat. Kala itu, Suzuki cukup agresif bermain di segmen SUV. Satu produknya yang cukup dikenal adalah Suzuki Sidekick yang desainnya boleh dikatakan ganteng untuk ukuran SUV di era tersebut.

SUV andalan Suzuki ini memiliki tampilan yang mengkotak dan memiliki kemiripan dengan beberapa model lain seperti Vitara. Maklum DNA mereka memang sama, hanya karakternya terbilang jauh berbeda.

Boleh dikatakan bahwa, Suzuki Vitara memiliki keunggulan lebih karena telah dilengkapi dengan sistem penggerak roda 4x4. Sementara Suzuki Sidekick hanya menggunakan sistem penggerak 4x2 yang tentunya akan terasa nanggung oleh beberapa pecinta SUV di masa itu.

Meski demikian, tidak bisa dipungkiri bahwa desain Sidekick terbilang masih terasa ganteng bila dilihat di era sekarang ini. Kesan kokoh dan lincah hadir berkat beberapa garis aerodinamika yang dihadirkan pada mobil ini. Namun karena ukurannya yang terbilang kompak, rasanya mobil masih bisa menerabas jalan-jalan kecil.

Tak hanya itu, walaupun hanya berpenggerak 4x2, mobil ini memiliki beberapa keunggulan tersendiri. Salah satunya adalah lebih nyaman digunakan di perkotaan bila dibandingkan dengan model-model lainnya.

Suzuki Sidekick

Mobil ini dilengkapi dengan mesin berkapasitas 1.600cc yang mampu menghasilkan tenaga sebesar 76 hp dan torsi mencapai 127 Nm. Tenaga tersebut terbilang cukup untuk memenuhi kebutuhan berkendara khususnya di dalam kota.

Sementara untuk fitur kenyamanan berkendara, Suzuki Sidekick terbilang sudah cukup memenuhi kebutuhan, khususnya di era 90-an.

Mobil hadir dengan head unit single din dan sudah terdapat pendingin udara.

Sayangnya, meski memiliki beragam keunggulan, tapi Suzuki sudah tidak lagi menghadirkan mobil ini. Untuk itu, mencari unit bekas dari Suzuki Sidekick merupakan satu-satunya cara bagi mereka yang memang mendambakannya.

Tapi langkah tersebut tidak bisa dilakukan dengan mudah, karena jumlah unit kendaraan yang ada di pasar mobil bekas sangatlah terbatas. Hal ini menunjukkan bahwa sebenarnya masih banyak pemilik Suzki Sidekick yang memang enggan melepas kendaraannya ke tangan orang lain.

Berdasarkan data yang dimiliki Mobil123, saat ini ada beberapa unit Suzuki Sidekick yang diiklankan. 

Sebagian unit yang dipasarkan datang dari luar pulau Jawa. Demikian juga dengan tahun pembuatan yang terbilang sudah tua, sehingga perlu mendapatkan perhatian lebih dari calon pemilik.

Berikut adalah beberapa pilihan Suzuki Sidekick bekas yang diiklankan di Mobil123.

Suzuki Sidekick 1995

Pilihan pertama adalah Suzuki Sidekick bekas keluaran 1995 yang ditawarkan oleh salah satu diler di kawasan Bandung, Jawa Barat.

Mobil berwarna hitam ini sudah menempuh perjalanan sekira 145.000 Km.

Diler menegaskan bahwa kondisi kendaraan masih istimewa, bahkan diklaim masih banyak komponen kendaraan yang asli bawaan pabrik.

Selain interiornya juga masih bersih, cat kendaraan terbilang dalam kondisi baik.

Tak hanya itu, diler juga memastikan bahwa mobil bukanlah bekas tabrak maupun banjir. Kondisi ini tentunya menjadi sebuah nilai tambah mengingat usia kendaraan yang sudah cukup tua.

Diler menawarkan mobil ini dengan harga Rp52,5 juta.

Suzuki Sidekick 1997

Pilihan berikutnya adalah Suzuki Sidekick tahun produksi 1997 berwarna hijau yang dijual oleh diler mobil bekas di kota Tangerang, Banten.

Mobil yang dijual dengan harga Rp58,5 juta ini sekilas mata terbilang masih cukup mulus.

Dalam kolom keterangan dituliskan bahwa, mobil ini dari pemilik pertama dan terus dilakukan perawatan rutin, sehingga kondisi mesin terbilang terjaga.

Diler juga menyebutkan bahwa interior kendaraan masih asli bawaan pabrik dan lebih istimewanya lagi adalah pemilik sebelumnya tidak merokok.

Suzuki Sidekick

Meski demikian dalam keterangan tidak disebutkan apakah mobil tersebut bekas banjir dan tabrakan atau tidak. Untuk itu perlu pemeriksaan yang lebih mendetail untuk memastikan kondisi kendaraan.

Suzuki Sidekick 1995

Selanjutnya ada Suzuki Sidekick 1995 yang dijual di salah satu diler mobil bekas di Kediri, Jawa Timur.

Mobil berwarna hijau ini dijual dengan harga Rp53 juta dan masih bisa dinegosiasikan antara pelanggan dan diler.

Beragam kemudahan pembelian pun diberikan oleh diler untuk pelanggan yang ingin membeli mobil ini. Salah satunya adalah tukar tambah dengan kendaraan lain, sehingga akan memudahkan pelanggan dalam melakukan pembelian kendaraan.

Suzuki Sidekick

Namun, sama seperti sebelumnya bahwa diler tidak memberikan jaminan apakah mobil ini bukan bekas tabrak maupun banjir. Tentunya diperlukan ketelitian yang maksimal untuk memeriksakan kendaraan.

Kelebihan dan Kekurangan Beli Mobil Bekas Berusia Tua

Membeli mobil bekas berusia tua tentunya memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Tentu pelanggan harus menyadari hal tersebut sebelum melakukan pembelian kendaraan agar tidak menyesali keputusan yang dibuat.

Keunggulan dari membeli mobil bekas khususnya berusia tua adalah harganya terbilang lebih murah bila dibandingkan dengan mobil baru. Ini tentunya tidak akan mengganggu terlalu banyak keuangan dari pelanggan.

Dengan harga yang murah pun pelanggan bisa menghindari pembelian secara kredit, sehingga terhindar dari bunga pinjaman. Ini akan menjaga ketahanan keuangan anda menjadi lebih stabil dibandingan dengan membeli kendaraan secara kredit.

Mobil bekas berusia tua juga umumnya memiliki nilai nostalgia tersendiri bagi pemiliknya. Dengan membeli mobil bekas maka akan mengingatkan memori-memori masa lalu yang masih ingin diingat kembali.

Teknologi mobil tua juga terbilang sederhana bila dibandingkan dengan mobil-mobil modern. Tentunya akan membuat perawatan kendaraan menjadi lebih murah bila tidak ada komponen yang harus diganti.

Namun, tidak bisa dipungkiri bahwa, ada beberapa kekurangan dari membeli bekas berusia tua.

Kelemahan paling utama ada pada kondisi kendaraan yang umumnya tidak lagi segar bila dibandingkan dengan kendaraan bekas berusia muda.

Kondisi tersebut membuat pelanggan harus melakukan beragam perawatan ekstra agar mobil kembali segar.

Selain itu, cukup sulit mendapatkan unit yang terbilang bagus. Pasalnya beberapa bagian di kendaraan yang berusia tua sudah lusuh dan berumur. 

Sparepart kendaraan pun terbilang sudah langka, besar kemungkinan pelanggan harus menggunakan beberapa komponen yang tidak asli agar kendaraan bisa bekerja dengan maksimal.

Tentunya dengan segala kelebihan dan kekurangan tersebut, pelanggan harus bisa memilih mana yang terbaik bagi diri mereka sendiri. Jangan sampai menyesal dikemudian hari. [Adi/Ses]



Adi Hidayat

Adi Hidayat

Pria lugu yang tinggal di Bekasi ini kerap menghadapi kemacetan Jakarta untuk memberikan informasi terkini terkait dunia otomotif Indonesia. Menghirup asap knalpot, merasakan teriknya panas matahari, menerabas hujan hingga menembus kepungan banjir pun telah menjadi bagian dari hidupnya. Meski demikian ia menjalaninya dengan penuh ketabahan dan kesabaran.


Berita Utama


Komentar