Suzuki Jimny Pasti Diproduksi di Indonesia

Berita Otomotif

Suzuki Jimny Pasti Diproduksi di Indonesia

JAKARTA - Suzuki membeberkan bahwa Indonesia pasti menjadi salah satu basis produksi Jimny generasi terbaru.

All-New Jimny mungkin adalah model baru Suzuki yang paling ditunggu pasar otomotif negeri ini. Apalagi, Suzuki sudah memastikan akan meluncurkannya di Indonesia tahun ini dan pemesanannya sendiri telah dibuka di Telkomsel Indonesia International Motor Show (IIMS) 2019, 25 April - 5 Mei di JIExpo Kemayoran, Jakarta.

Salah satu eksekutif agen pemegang merek Suzuki di Tanah Air juga pernah mengatakan adanya peluang untuk merakit salah satu sport utility vehicle (SUV) paling legendaris di jagad otomotif dunia itu. Kini, giliran pembesar Suzuki Motor Corporation (SMC) Jepang angkat bicara.

Shuji Oishi, Managing Officer Automotive Market SMC, saat menghadiri Telkomsel IIMS 2019, menegaskan bahwa Jimny pasti bakal dibuat pula di pabrik Suzuki Indonesia. Ia mengesamping opsi lain yaitu India.

“Indonesia dulu lah (daripada India) karena dulu Indonesia punya Katana juga. Mesinnya Jimny sekarang juga sama dengan Suzuki Carry dan Ertiga (generasi terbaru),” tandas dia.

Carry generasi terkini, yang disebut-sebut oleh Oishi, menjadikan Telkomsel IIMS 2019 sebagai tempatnya meluncur secara resmi. Kehadiran All-New Carry di sana sekaligus menjadi debut globalnya.

Belum Tahu Kapan
Lebih lanjut, Oishi tidak bisa memastikan kapan Jimny akan mulai dibuat di Nusantara. Ia juga tidak mengatakan yang perakitannya kelak dilakukan di Tambun atau Cikarang, karena merek ini punya pabrik di dua lokasi tersebut.

“Bulan depan atau satu tahun lagi tergantung regional,” tandas Oishi.

Salah satu tenaga penjual dealer Suzuki yang diwawancarai Mobil123.com di pameran mengatakan bahwa All-New Jimny akan diimpor terlebih dahulu dari Jepang, menurut informasi yang ia terima. Kemungkinan besar, akan ada kuota yang diberikan karena permintaan pasar global terhadapnya sangat luar biasa.

Tenaga penjual yang menolak diungkap namanya ini pun membeberkan estimasi harga Jimny generasi terbaru adalah Rp 300 juta-an. Banderol tersebut jauh di bawah pasar Thailand yang mematoknya di harga Rp 700 juta-an. [Xan/Ari]



Insan Akbar Krisnamusi

Insan Akbar Krisnamusi

Insan mulai menjadi jurnalis pada 2011 di Harian Umum Media Indonesia dan resmi bergabung ke Mobil123.com sejak Februari 2018. Ia menyelami dunia otomotif sejak 2012 dan paling tertarik dengan isu-isu industri.


Berita Utama


Komentar

Chat Aktif
Diarsipkan
Bantuan

Kami akan membantu Anda

klik tombol "Bantuan" untuk berbicara dengan Customer Care kami.
Hapuskan chat?
Chat Empty
Tidak ada chat yang sedang berlangsung
Mulai pencarian dan chat dengan penjual
Bantuan

Kami akan membantu Anda

klik tombol "Bantuan" untuk berbicara dengan Customer Care kami.
Support